Pengetahuan

Warna Kemasan Produk Yang Menarik

Warna Kemasan Produk Yang Menarik

Kemasan Produk Yang Menarik – Dalam pembuatan desain packaging ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya yaitu preferensi warna setiap orang yang berbeda-beda jadi harus diperhatikan menurut usia dan jenis kelamin. Pada suatu penelitian yang dilakukan oleh Joe Hallock menunjukkan bahwa warna biru merupakan warna yang paling banyak disukai oleh berbagai kalangan usia.

Dalam psikologi warna yang dimana studi tentang warna tersebut berperan sebagai penentu perilaku manusia. Ternyata, warna dapat mempengaruhi persepsi yang tidak jelas seperti pada rasa makan. Dalam hal tersebut ada beberapa faktor yang terlibat seperti usia, jenis kelamin, dan budaya yang ternyata dapat mempengaruhi cara seseorang memandang warna.

Warna Kemasan Produk Yang Menarik

Pada maskapai penerbangan warna biru dijadikan sebagai warna utamanya, dengan alasan ingin menyampaikan kepercayaan. Maka dari itu, pemilihan warna brand besar tidak bisa sembarang, dan harus dipertimbangkan secara matang dengan memperhatikan aspek psikologis konsumen. Ada beberapa poin – poin yang harus diperhatikan mengenai warna kemasan dalam ilmu psikologi :

  1. Dalam presentasi, diyakini 57% laki-laki menyukai warna biru. Selain itu, warna hijau dan hitam juga diakui sebagai warna pilihan yang tepat untuk dimaskulin. Sedangkan wanita, pada umumnya juga menyukai warna biru, namun untuk beberapa hal yang berhubungan dengan feminim dapat menggunakan warna ungu, merah, dan hijau.
  2. Jika pasarannya ditujukan untuk anak anak, maka lebih baik untuk hindari pemilihan warna merah, dan gunakan warna hijau atau kebiru – biruan. Namun pada umumnya untuk remaja dan orang yang berusia 30 tahunan keatas lebih menyukai warna ungu, yang dimana warna tersebut bisa menjadi hal yang baru untuk desain kemasan. Pada orang yang berusia lebih muda biasanya warna hitam menjadi pilihan warna yang menarik.
  3. Salah satu hal terpenting dalam memilih warna yaitu mempertimbangkannya terlebih dahulu dengan cara melihat dari perspektif konsumen. Memilih warna biru akan membuat kesan profesional tapi tidak terlalu ramah, maka memilih warna biru adalah pilihan yang tepat dalam desain tersebut. Selain itu, warna biru juga dapat membangun kepercayaan pada agen pemasaran atau perusahaan yang menjadi sasaran dalam pemasaran.

Dalam desain kemasan sebenarnya tidak hanya meliputi bahan, bentuk, dan teksturnya saja, namun juga terdiri atas warnanya. Maka dari itu sebelum menentukan warna yang akan digunakan pada desain, sebaiknya dipikirkan secara matang terlebih dahulu warna  yang akan digunakan pada desain tersebut hingga mendapatkan hasil atau keputusan  yang matang.

Makna Warna Dalam Psikologi 

Dalam bidang psikologi, setiap warna sebenarnya memiliki warna yang berbeda – beda. Berikut ini penjelasan secara detailnya :

1. Merah

Warna merah ini merupakan jenis warna yang sangat mencolok sekali jika dilihat, sehingga dapat menarik perhatian yang melihatnya. Selain itu, warna merah juga dapat diartikan dengan kegembiraan, gairah, energi, tindakan, dan bahaya. Secara psikologis, warna merah merupakan warna yang paling intens sehingga bisa memancing emosi dengan kuat. Jika warna merah ini diaplikasikan pada sebuah website maka gunakan untuk diarahkan pada menu call atau ikon penjualan apabila kesannya kontras dengan desain toko yang Anda miliki.

Pada beberapa merk seperti coca cola dan youtube, warna merah dipakai sebagai ikonik. Hal ini disebabkan karena warna merah memiliki kesan untuk mendorong orang dalam meningkatkan selera makan. Maka dari itu beberapa restoran cepat saji juga menggunakan pilihan warna merah sebagai ikon restorannya. Adapun restoran tersebut terdiri dari KFC, McD, Olive, dan masih banyak lainnya.

2. Kuning

Menurut psikologi warna ternyata warna kuning ini memiliki makna sebagai putaran warna kuning yang terdapat pada sinar matahari, yang dimana dapat membangun sebuah rasa kebahagiaan, kepositifan, optimisme dan juga musim panas. Biasanya warna kuning ceria digunakan pada beberapa merk yang diaplikasikan sebagai latar belakang atau sebagai batas untuk desain situs web. Dengan adanya sedikit sentuhan warna kuning biasanya dapat membantu memberikan kesan positif. Banyak sekali beberapa merk terkenal yang menggunakan warna kuning ini seperti Ferrari dan Ikea. 

Dalam sebuah desain, warna memiliki peran yang cukup penting. Maka dari itu, sebelumnya harus dipertimbangkan dulu dalam menentukannya. Dalam hal ini, pengukuran warna juga perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil warna yang lebih optimal. Untuk melakukan pengukuran warna, ada teknologi yang dapat Anda gunakan yaitu alat ukur warna atau alat pengukur warna yang disebut dengan colorimeter.

Postingan Terakhir

Mengetahui Ciri Biji Kakao Yang Baik

yohanes

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

yohanes

Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Anda Kunjungi

yohanes

Leave a Comment