Pengetahuan

Ternyata Permen Karet Bermanfaat Untuk Otak

Permen Karet Bermanfaat Untuk Otak

Ternyata Permen Karet Bermanfaat untuk Otak – Sensasi dalam mengunyah permen karet memang unik, apalagi saat ini permen karet tersedia dalam berbagai rasa yang menarik. Namun, tahukah Anda kalau ternyata permen karet yang banyak disukai orang ini bermanfaat untuk otak? Untuk itu, mari kita pelajari lebih jauh soal manfaat permen karet bagi otak berikut ini.

Apa Manfaat Permen Karet Bagi Fungsi Otak?

Pada saat Anda melakukan gerakan mengunyah, ternyata ada beberapa bagian otak yang menjadi aktif. Bagian tersebut antara lain yaitu otak kecil (Cerebellum), batang otak, motor korteks, kaudata, cingulate, dan lainnya. Selain itu, saat mengunyah permen karet, kandungan gula pada permen karet dapat meningkatkan aliran darah menuju ke jaringan otak. Adanya peningkatan seperti ini dapat mengaktifkan bagian frontotemporal korteks dan otak kecil.

Cerebellum atau otak kecil berfungsi untuk mengatur koordinasi keseimbangan tubuh dan lobus frontal yang berfungsi untuk membuat rencana, berpikir logis, dan memecahkan masalah. Lobus temporal dibedakan menjadi dua, yaitu lobus bagian kiri berfungsi untuk ingatan verbal, seperti mengingat nama. Sedangkan lobus bagian kanan berfungsi untuk ingatan yang bersifat visual, misalnya kemampuan mengingat wajah dan gambar. Hal ini tentu dapat membantu meningkatkan kerja otak dan membuat kemampuan kognisi Anda meningkat.

Selain itu, ternyata mengonsumsi permen karet bebas gula juga dapat meningkatkan daya ingat, baik ingatan dalam jangka pendek maupun ingatan jangka panjang. Para ahli beranggapan, bahwa hal ini terjadi karena saat mengunyah, aktivitas otak pada bagian hipokampus meningkat. Bagian otak inilah yang bertugas untuk menjalankan fungsi daya ingat.

Apakah Ada Manfaat Permen Karet Lainnya?

Permen karet juga mempunyai manfaat lain untuk otak dan kesehatan mental, yaitu dapat menurunkan perasaan stres dan tertekan. Permen karet dianggap sebagai salah satu metode untuk relaksasi, mengunyah permen karet ternyata dapat menurunkan rasa bosan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Paul Smith, mereka yang mengonsumsi permen karet akan mengalami mood yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak makan permen karet.

Selain itu, ternyata masih ada manfaat permen karet yang sayang untuk dilewatkan, yaitu bagi orang yang sering begadang. Mengunyah permen karet dapat membantu Anda supaya tetap terjaga dan waspada. Meskipun tidak dapat sepenuhnya mengusir rasa kantuk, namun mengunyah permen karet dapat membuat Anda lebih segar.

Postingan Terakhir

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

yohanes

Mengetahui Ciri Biji Kakao Yang Baik

yohanes

Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

yohanes

Leave a Comment