Pengetahuan Teknologi

Resmi!!! Begini Tampilan dan Spesifikasi PS5

Tampilan dan Spesifikasi PS5

Resmi!!! Begini Tampilan dan Spesifikasi PS5 – PlayStation 5 atau PS5 pada akhirnya resmi diperkenalkan pada hari jumat tanggal 12 Juni 2020 dalam acara live streaming bertajuk PS5 – The Future of Gaming. Konsol game ini memiliki bentuk berdiri secara vertikal seperti bentuk dari Xbox Series X.

PS5 mempunyai 2 varian perangkat yakni 4K Blu-ray dan Digital Edition. Varian Digital Edition terlihat jauh lebih tipis bila dibanding dengan varian yang lainnya karena perusahaan tidak menyematkan drive / hard disk.

Karena tidak memiliki drive, maka varian Digital Edition diberi harga lebih murah namun Sony sendiri belum mengungkap harga dari varian ini selama siaran langsung kemarin. Selain itu, harga dan tanggal rilis konsol game versi 4K Blu-ray juga masih belum disebutkan.

Sama halnya seperti saingannya Xbox Series X, PS5 diletakkan secara vertikal. Pada bodi atas, Sony memasang sebuah ventilasi khusus yang berfungsi untuk jalan pembuangan panas, berdampingan bersama dengan USB-C dan USB-A.

Tidak hanya itu, perusahaan teknologi dari jepang ini juga membuat beberapa aksesoris yang khusus untuk PS5. Seperti kamera dengan resolusi yang HD, DualSense, Remote dan headset nirkabel Pulse 3D.

Membahas salah satu aksesoris yaitu Dual Sense. Layaknya pengontrol Dualshock, D-pad dan tombol tetap akan berada di bagian atas dari pengontrol, lalu untuk dua stick analognya ada pada bagian bawah. DualSense juga diberi touchpad yang dipasang pada bagian tengah dan bilah lampu yang didesain ulang dan juga berada di tiap-tiap sisi touchpad.

Beralih ke bagian mesin, konsol game ini ditenagai GPU AMD RDNA 2 dan CPU AMD Zen 2 core delapan. Sebelumnya di bulan maret 2020, Sony sempat menginformasikan bahwa mereka akan menyematkan cip AMD berspesifikasi khusus dengan daya 10,28 teraflops memakai frekuensi variabel pada GPU dan CPU.

Sony juga memakai solusi SSD eksklusif untuk menambah kecepatan saat pemuatan game. SSD dapat menyediakan penyimpanan 852GB dan kinerja hingga 5,5GB. Perusahaan mewajibkan semua game dipasang ke SSD internal agar dapat cepat terbaca langsung oleh sistem.

Epic Games yang merupakan salah satu pengembang game baru-baru ini menunjukan demonstrasi teknologi Unreal 5 yang berjalan lumayan mengesankan ketika dipasang di PS5. Mereka memamerkan pemuatan game hingga resolusi 8K dan juga efek pencahayaan yang sangat dinamis.

Tak cuma mendukung resolusi 8K, PS5 pun juga mendukung grafik 4K dengan kecepatan refresh 120HZ dan audio 3D. konsol game inikata Sony bakal didukung dengan lebih dari 4.000 judul game, termasuk game yang ada di Playstation 4.

Memiliki Desain Futuristik, Berapa Ukuran PS5?

Pada gambar yang dirilis, Sony menawarkan desain yang vertikal untuk PS5. Namun, konsol game itu juga dapat diletakkan secara horizontal. Ukuran dari PS5 ini kemungkinan tidak bisa kita ketahui dalam waktu dekat. Karena PS5 baru akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang.

Namun, The verge mencoba untuk memprediksi seberapa besar ukuran konsol tersebut dengan cara membandingkan dengan alat lain seperti dengan konsol keluaran Sony sebelumnya.

Estimasi ini dibuat dengan cara membandingkan ukuran port USB-A dan disc drive. Dua fitur fisik yang sudah nampak jelas ada di PS5, dengan konsol game brand lain yang sudah jelas diketahui dimensinya.

Kemudian mereka merekonstruksi alat berdasarkan skala gambar. Hasilnya membuktikan PS5 berukuran lebih besar ketimbang konsol-konsol yang telah ada. Seorang pengguna jejaring sosial Reddit, estimasi ini membuktikan bahwa PS5 berukuran lebih besar dibandingkan PS3, PS3 Slim, PS4 dan PS4 Pro.

Jika dibandingkan dengan Xbox seri X, PS5 berukuran lebih ramping. Tapi, tetap lebih besar ketimbang dengan Xbox One. Beberapa orang pengguna sosial media memperkirakan PS5 setinggi 14 inci. Ukuran tersebut hanya merupakan tebakan dari warganet berdasarkan gambar berskala yang sudah direka ulang. Tidak menutup kemungkinan juga PS5 memiliki ukuran yang lebih kecil.

Deretan Judul Game Yang Akan Muncul di PS5

Dalam live streaming yang berdurasi sekitar 2 jam, Sony juga merilis sejumlah judul game yang bakal rilis di konsol PS5 ini. Lalu apa saja judul game yang bakal meluncur di konsol PS5 tersebut? Berikut sedikit ulasannya.

1. Gran Turismo 7

Bagi pengagum game simulasi balap, Polyphony Digital hadirkan seri teranyar Gran Turismo 7. Kehadiran seri teranyar Gran Turismo ini lumayan menarik, mengingat Gran Turismo 6 diluncurkan terakhir tujuh tahun lalu atau tepatnya 2013.

2. Marvel’s Spider-Man: Miles Morales

Game Marvel’s Spider-Man: Miles Morales ini merupakan kelanjutan dari game Spiderman yang dirilis Insomniac pada tahun 2018. Pada kali ini, gamer bakal berperan sebagai “murid” baru Peter Parker dan menjadi Spiderman yang baru serta memiliki kekuatan yang super.

3. Resident Evil 8: Village

Walau awalnya tidak seperti Game baru Resident Evil (RE), Resident Evil 8: Village tampaknya bakal kembali hadirkan gameplay first person shooter (FPS) serupa di game RE7. Tanpa terduga, Resident Evil baru ini akan menampilkan sifat karakter seorang RE, Chris Redfield, sebagai salah satu karakter yang memiliki sifat jahat.

4. Horizon: Forbidden West

Guerrilla Games akhirnya merilis Horizon: Forbidden West Sebagai seri penerus dari game Horizon Zero Dawn yang mereka rilis pada tahun 2017. Pada seri ini, aloy yang merupakan karakter protagonis akan melawan sejumlah robot dinosaurus berjenis baru di seluruh Amerika.

5. Hitman 3

Dalam game terbarunya Hitman 3, Agent 47 akan kembali lagi. Rencananya game ini akan meluncur di PS5 pada januari 2021. Dari trailernya, Hitman 3 akan menjadi game seri penutup alur cerita dari World of Assassination yang sudah di reboot pada seri game sebelumnya.

Selain judul game di atas, Sony juga mengungkapkan masih bayak judul game yang akan muncul pada konsol PS5 ini. Berikut daftar list gamenya.

  • Returnal
  • Ratchet & Clank: Rift Apart
  • Little Devil Inside
  • GTA & GTA V
  • Demon’s Souls
  • Bugsnax
  • Kena: Bridge of the Spirits
  • Astro’s Playroom
  • Project Athia
  • Godfall
  • NBA2K21
  • Ghostwire: Tokyo (2021)
  • Jett: The Far Shore (2020)
  • Sackboy A Big Adventure
  • Pragmata
  • Deathloop
  • Goodbye Volcano High
  • Destruction AllStars
  • Stray
  • Solar Ash
  • Oddworld: Soulstorm

Harga Konsol Game PS5

Sony telah cukup banyak mengungkap mengenai PlayStation 5 atau PS5 ini. Dari segi spesifikasi, desain sampai game yang akan dimainkan. Namun, ada satu hal yang belum mereka beberkan yaitu mengenai harga dari PS5 ini.

Walaupun demikian, sepertinya harga dari PS5 ini sudah bocor. Konsol game paling anyar ini sempat ada dan muncul pada situs Amazon UK dengan harga 599 poundsterling atau sekitar 10,7 juta. Jika benar harga itu termasuk harga yang cukup tinggi.

Selain itu, pada situs yang sama beberapa game PS5 pun muncul. Harganya dibanderol sekitar 70 poundsterling atau sekitar 1,2 juta. Ketika dikonfirmasi, juru bicara dari Amazon menyatakan bahwa adanya list harga PS5 itu merupakan error semata.

Postingan Terakhir

Ternyata Permen Karet Bermanfaat Untuk Otak

yohanes

Cara Memasak Ayam Kecap

Brand Ambyarsador

Beberapa Faktor yang Menjadi Penyebab Korosi

yohanes

Leave a Comment