Pengetahuan Teknologi

Perbedaan Nintendo Switch dan Nintendo Switch Lite

Perbedaan Nintendo Switch dan Nintendo Switch Lite

Perbedaan Nintendo Switch dan Nintendo Switch Lite – Nintendo Switch merupakan konsol game yang pada saat sekarang ini sedang banyak dicari dan jadi primadona dalam dunia gaming. Apalagi disaat masa pandemi seperti saat ini yang mewajibkan masyarakat untuk tetap berdiam diri, bekerja, belajar dan melakukan segala aktivitas lainnya di dalam rumah.

Tak heran penjualan Nintendo Switch begitu laris beberapa bulan terakhir dan membuat harga dari konsol game jenis handheld ini sampai melambung tinggi. Jadi, apakah Anda juga berminat untuk membeli Nintendo Switch ini?

Sebelum membeli, tahukah Anda ada 2 jenis varian dari Nintendo Switch ini. Yaitu ada Nintendo Switch reguler dan Nintendo Switch Lite.

Kedua konsol game ini memiliki perbedaan yang cukup banyak. Entah itu perbedaan dari segi fisik, spesifikasi, fitur dan yang paling terasa perbedaannya adalah di harga dari masing-masing varian Nintendo ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini sudah kami rangkum beberapa Perbedaan Nintendo Switch dan Nintendo Switch Lite agar dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan yang tepat.

Harga Nintendo Switch vs Nintendo Switch Lite

Perbedaan pertama yang akan kita bahas adalah dari segi harga jualnya. Harga Nintendo Switch orisinal ini dijual dengan harga $299 atau sekitar Rp 4 jutaan, sedangkan Nintendo Switch Lite dijual lebih murah dengan harga $199 atau sekitar Rp 2,8 jutaan.

Nintendo Switch Lite ini bisa juga dikatakan merupakan versi murah dari versi orisinall. Dibuatnya versi “Lite” ini adalah bertujuan memberikan kesempatan yang sama kepada masyarakat untuk bisa tetap bermain game walaupun terbatas dari segi bujet. Jadi, jika Anda ingin memiliki konsol game yang murah dan hemat mungkin Anda bisa membeli versi Lite ini.

Fitur Nintendo Switch vs Nintendo Switch Lite

Sudah sangat berbeda dari segi harga, pasti jelas berbeda juga dari segi fiturnya. Karena lebih murah, Nintendo Switch Lite pasti memiliki fitur yang lebih minim ketimbang versi orisinalnya.

1. Perbedaan Berat dan Ukuran Dari Segi Fisik

Ukuran dari Nintendo Switch dengan Switch Lite sangat berbeda. Switch Lite memiliki ukuran yang lebih kecil ketimbang Switch versi standar. Nintendo Switch memiliki ukuran tinggi 4 inci, tebal 0.55 inci dan lebar 9.4 inci. Sedangkan, untuk versi Lite mempunyai tinggi 3.6 inci, tebal 0.55 inci dan lebar 8.2 inci. Karena memiliki ukuran yang lebih kecil versi lite juga memiliki berat yang lebih ringan, yaitu hanya memiliki berat 279 g sedangkan versi orisinalnya memiliki berat 400 g.

Tidak hanya itu, ukuran dari masing-masing layarnya pun berbeda. Nintendo Switch standar dibekali dengan layar seluas 6.2 inci, sedangkan versi Lite memiliki ukuran layar yang lebih kecil yaitu hanya 5.5 inci saja. Namun, kedua perangkat ini sama-sama mempunyai resolusi layar HD 1280 x 720 piksel walaupun berbeda ukuran layar. Dan juga sama-sama menggunakan panel LCD layar sentuh juga, walaupun memang sekilas untuk ukuran layar versi Lite lebih mirip seperti layar pada Smartphone.

2. Perbedaan Kontroler Game

Pada Nintendo Switch, ada kontroler di sisi kiri dan kanannya yang dapat dilepas dan dikenal sebagai Joy-Con. Fitur ini yang membuat Nintendo versi orisinal dapat dimainkan oleh 2 orang sekaligus atau multiplayer. Sedangkan pada Nintendo Switch hanya bisa dimainkan sendiri karena tidak memiliki Joy-Con yang bisa dilepas. Jadi jika Anda ingin bermain multiplayer menggunakan versi Lite harus dengan koneksi internet dan dari perangkat masing-masing dalam memainkannya.

3. Perbedaan Aksesoris

Salah satu fitur utama Nintendo Switch ini adalah dapat terkoneksi dengan layar yang lebih besar. Karena Switch ini sudah dilengkapi dengan aksesoris penghubung yang bernama Dock untuk menghubungkan Nintendo dengan Televisi. Dan dengan dimasukan ke dock, Nintendo switch memiliki port USB type-A yang dapat lebih memungkinkan untuk terhubung ke lebih banyak aksesoris lainnya.

Baca Juga – Apa Itu Bluetooth, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Sedangkan untuk versi Lite karena tidak memiliki kontroler Joy-Con, otomatis tidak support IR Motion Camera dan HD Rumble. Bukan hanya itu saja, pada saat pembelian Anda juga tidak mendapatkan Nintendo Switch Dock seperti pada versi orisinalnya. Sehingga Anda tidak bisa menghubungkan Switch Lite ini ke Televisi.

4. Perbedaan Dukungan Game

Game yang ada pada Nintendo Switch Lite pasti bisa dimainkan pada versi orisinalnya. Namun, tidak semua game yang ada pada versi orisinal dapat dimainkan pada versi Lite. Apalagi untuk jenis game yang mendukung lebih interaktif dengan kontroler Joy-Con.

Karena pada versi Lite tidak didukung dengan adanya Joy-Con sehingga perangkat ini hanya bisa dipakai dalam mode handheld saja. Sedangkan versi orisinal Nintendo Switch bisa memakai 3 mode, yaitu Handheld, Tabletop, dan TV Mode.

5. Perbedaan Daya Baterai

Nintendo Switch orisinal dibekali baterai berkapasitas 4310 mAh, sedangkan versi Litenya memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil yaitu 3570 mAh.Tapi walaupun baterainya lebih kecil, versi Lite lebih efisien dalam hal konsumsi daya karena memiliki ukuran layar yang lebih kecil serta tidak mendukung Joy-Con yang harus membutuhkan koneksi wireless. Saat di uji coba untuk memainkan game The Legend of Zelda: Breath of the Wild, Switch orisinal hanya mampu bertahan sekitar 3 jam saja. Sedangkan versi Lite mampu bertahan sekitar 4 jam.

Nintendo Switch atau Nintendo Switch Lite, Mana Yang Lebih Baik ?

Nintendo Switch Orisinal dibuat untuk Anda yang memang hobi untuk bermain game dan memiliki bujet yang cukup banyak. Dengan versi Switch orisinal ini Anda akan banyak mendapat keuntungan serta kemudahan dalam bermain game karena memiliki fitur yang lebih lengkap daripada versi Litenya.

Switch Orisinal mendukung permainan multiplayer atau lebih dari satu orang hanya dalam satu perangkat. Tidak hanya itu, perangkat ini juga dapat disambungkan dengan layar yang lebih besar seperti televisi menggunakan Nintendo Switch Dock. Sehingga Anda dapat bersantai di atas kasur atau sofa sambil bermain game dengan layar lebih besar.

Sedangkan Nintendo Switch Lite dibuat khusus untuk Anda yang ingin bermain game Nintendo Switch tapi hanya memiliki bujet yang terbatas. Karena berbeda harga pasti juga berbeda pula fitur dan spesifikasinya. Versi Switch Lite tidak dilengkapi dengan Joy-Con seperti pada versi orisinalnya, sehingga game yang bisa dimainkan pun menjadi lebih terbatas.

Bukan hanya itu saja, perangkat Lite ini juga tidak bisa disambungkan ke televisi karena tidak dilengkapi dengan aksesoris seperti Nintendo Switch Dock untuk penyambungnya. Dan juga versi Lite ini hanya bisa dimainkan oleh satu orang saja tidak seperti versi orisinal yang bisa dimainkan multiplayer.

Jadi Pilih Nintendo Switch atau Nintendo Switch Lite ?

Semua pilihan tergantung dari Anda sendiri. Anda tipe seorang gamer yang seperti apa, apakah lebih suka main di TV atau secara mobile. Jika memang lebih suka bermain dengan santai dan di layar lebar seperti televisi, Anda bisa memilih untuk membeli Nintendo Switch. Namun, jika Anda lebih suka secara mobile Nintendo Switch Lite lebih bisa jadi pilihan yang cocok.

Bukan hanya hal itu saja yang perlu Anda pertimbangkan, masalah bujet juga bisa jadi acuan. Jika memang Anda punya uang yang lebih Nintendo Switch bisa jadi pilihan. Tapi jika uang Anda pas-pasan kami sarankan lebih baik membeli Nintendo Switch Lite saja. Walaupun fiturnya tidak lengkap seperti pada versi orisinalnya, namun performa dan kegunaannya tidak jauh beda dengan yang orisinal.

Postingan Terakhir

Bahaya Alkohol Bagi Tubuh

yohanes

Blade & Soul Revolution Atau Black Desert Mobile

yohanes

Manfaat Gula Semut Untuk Kesehatan

yohanes

Leave a Comment