Pengetahuan Teknologi

Pengertian dan Pemanfaatan Gelombang Ultrasonik

Pemanfaatan Gelombang Ultrasonik

Pemanfaatan Gelombang UltrasonikGelombang ultrasonik merupakan bagian dari gelombang bunyi yang dimana pada gelombang tersebut memiliki frekuensi lebih dari 20.000 Hertz sehingga tidak dapat didengarkan oleh manusia secara umum.

Pengertian Gelombang Ultrasonik

Perlu diketahui bahwa gelombang bunyi merupakan gelombang longitudinal yang arah rambatannya sama dengan rambatan pegas yang sejajar.  Biasanya bunyi ini tidak dapat merambat melalui ruangan yang hampa atau tidak dapat merambat tanpa adanya medium.

Pemanfaatan Gelombang Ultrasonik

Jika berdasarkan hal tersebut, gelombang bunyi dapat diartikan sebagai gelombang non elektromagnetik yang secara otomatis gelombang ultrasonik juga merupakan gelombang elektromagnetik dan gelombang longitudinal.

Tidak hanya gelombang ultrasonik, bunyi juga terbagi menjadi dua kelompok yaitu gelombang infrasonik yang dimana bunyi dengan frekuensi di bawah 20 hertz dan gelombang audiosonik yang merupakan gelombang dengan frekuensi 20 sampai 20.000 Hertz.

Namun gelombang audiosonik ini dapat didengar oleh manusia, dan sudah ditegaskan bahwa gelombang ultrasonik ini merupakan bagian dari gelombang bunyi. Adapun sifat dan ciri dari gelombang ini sama halnya dengan bunyi yaitu dapat dipantulkan dan juga diserap.

Untuk gelombang ultrasonik yang mengenai benda padat maka akan dipantulkan dan pantulan tersebut dapat dimanfaatkan oleh kelelawar yang dapat mendengarkan suaranya. Jika berdasarkan pantulan tersebut kelelawar dapat dengan tepat memperkirakan dimana letak makanannya dan dapat membuatnya terbang dimalam hari tanpa menabrak benda lain.

Sedangkan untuk gelombang ultrasonik yang mengenai benda lunak seperti kain atau bahan tekstil lainnya dan busa maka akan diserap. Untuk bunyi biasanya tidak akan memantul, bergema ataupun bergaung. Bunyi yang dikeluarkan akan langsung diserap dan langsung hilang.

Perlu diketahui bahwa gelombang ultrasonik hanya ada satu macam dan hanya frekuensi saja yang berbeda-beda. Sama halnya dengan panjang gelombang, frekuensi, dan juga cepat rambat. Pada beberapa manusia seperti anak bayi diyakini dapat mendengar gelombang ultrasonik dengan frekuensi yang mendekati audiosonik, itulah sebabnya bayi akan sering menangis secara tiba-tiba. 

Tidak hanya kelelawar, lumba-lumba dan paus juga ternyata dapat mendengar ultrasonik yang digunakan sebagai alat komunikasi. Kedua hewan tersebut dapat memperkirakan dimana kawanannya berada.

Pemanfaatan Gelombang Ultrasonik

Seperti Halnya hewan, rupanya manusia sendiri memanfaatkan gelombang ultrasonik sesuai dengan macam-macam sifatnya. Berikut ini contoh pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai berikut :

1. Diagnosa dan Pengobatan

Rupanya gelombang ultrasonik ini dapat menembus bagian tubuh manusia meskipun tidak dapat membentuk foto seperti halnya sinar X. Paparan gelombang ini dikatakan sebagai paparan yang berbahaya. Berdasarkan dengan teknologi yang ada, pantulan gelombang dari dalam tubuh dapat ditangkap dalam layar. Melalui hal tersebut dokter melakukan diagnosa terhadap penyakit yang diderita pada seseorang dan dapat memberikan pengobatan. Untuk teknologi yang dikenal dengan nama ultrasonografi atau USG merupakan nama lain dari gelombang ultrasonik.

2. Menghancurkan Tumor

Dalam menghancurkan tumor, gelombang ultrasonik ini dapat ditembakkan secara berkali – kali dengan frekuensi dan energi yang cukup tinggi. Walaupun terlihat hanya sebagai sinar gelombang pada beberapa detik, namun energinya ternyata dapat menghancurkan berbagai hal termasuk tumor yang ada di dalam tubuh. Hal tersebut merupakan salah satu pencegahan dari penyebaran tumor ke seluruh tubuh tanpa melakukan operasi

3. Menghancurkan Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan berbagai zat yang terjadi pengendapan dalam ginjal dan dapat terjadi penumpukan. Umumnya butiran endapan yang besar akan membuatnya seperti batu, maka dari itu disebut sebagai batu ginjal. 

Adapun salah satu cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan batu ginjal tanpa operasi yaitu dengan melakukan penyinaran gelombang ultrasonik. Untuk cara kerjanya hampir sama dengan penghancur tumor, meskipun secara awam untuk cara menghancurkan ginjal tersebut yaitu dengan menggunakan laser.

4. Mempelajari Bagian-Bagian Tubuh

Dengan menggunakan gelombang ultrasonik kita dapat mempelajari bagian – bagian tubuh yang telah dikemukakan sedikit di atas sebagaimana cara mendiagnosis penyakit. Sampai saat ini teknologi gelombang bunyi frekuensi tinggi masih menjadi satu-satunya teknologi yang aman.

5. Melihat Janin pada Ibu Hamil

Penggunaan teknologi ultrasonik berperan dalam memeriksa kehamilan seseorang dengan melakukan USG. Gelombang tersebut umumnya akan dimasukkan ke dalam tubuh melalui permukaan perut sehingga akan menampakkan gambar kebagian dalam. Dengan demikian bayi dapat terpantau melalui layar kaca, dan ini merupakan cara untuk mendeteksi tumbuh kembang bayi di dalam rahim.

6. Membunuh Bakteri dalam Makanan yang Diawetkan

Pada hewan-hewan tertentu ternyata gelombang ultrasonik ini sangat bermanfaat seperti halnya dalam membunuh bakteri yang dapat diatasi dengan gelombang berfrekuensi tinggi.

7. Sebagai Bahan Mencampurkan Logam

Pada pabrik pembuatan logam, penggunaan gelombang ultrasonik ini bermanfaat untuk mencampurkan secara merata dan menghasilkan permukaan yang rata juga. Dalam penerapannya tentu memanfaatkan pemantulan dan penyerapan gelombang.

8. Mengukur Kedalaman Laut

Mungkin banyak sekali yang tidak pernah berpikiran untuk apa melakukan kedalaman laut. Akan tetapi untuk ahli biota laut ataupun pertambangan hal tersebut merupakan hal yang sangat penting. Dalam hal ini kedalaman laut akan diukur dengan mengirimkan gelombang ultrasonik dan menangkap pantulannya yang ada di permukaan laut. Sedangkan untuk pengukuran secara sederhana dapat dijelaskan dengan menggunakan rumus gelombang.

9. Mendeteksi Kecacatan dan Keretakan Logam

Retak maupun cacat pada bahan atau material seperti logam tentu dapat menjadi masalah besar. Dahulu kecacatan maupun keretakan logam masihlah sangat sulit untuk dideteksi. Namun dengan ditemukannya alat seperti ultrasonic flaw detector yang memanfaatkan gelombang ultrasonik pendeteksian menjadi hal yang mudah. Alat ini akan merambatkan gelombang ultrasonik untuk mendeteksi keretakan maupun kecacatan dari material logam dengan mudah.

Postingan Terakhir

Resmi!!! Begini Tampilan dan Spesifikasi PS5

yohanes

Sistem Air Bersih Ibu Kota Baru

yohanes

Cara Agar Dak Beton Tidak Mudah Retak

yohanes

Leave a Comment