Pengetahuan

Mengenal Skala Kekerasan Batu

Mengenal Skala Kekerasan Batu

Mengenal Skala Kekerasan Batu – Bagi Anda yang hobi batu akik dan batu mulia namun masih pemula tentu sering dibingungkan dengan berbagai istilah di dalamnya. Salah satu yang sering dibicarakan adalah tingkat kekerasan batu, yang diukur dengan skala disebut Mohs. Apakah Mohs itu sendiri, simak lebih lanjut penjelasan berikut ini.

Mohs adalah pengukur skala kekerasan mineral yang mengklasifikasikan resistensi goresan terhadap berbagai mineral melalui kemampuan suatu bahan keras menggores bahan yang lebih lunak. Karenanya sering dipakai sebagai acuan mengukur kekerasan batu.

Skala ini diciptakan tahun 1812 oleh geolog dan mineralog Jerman Friedrich Mohs dan merupakan satu satu dari beberapa definisi kekerasan dalam teknik material.

Friedrich Mohs

Membandingkan 2 buah mineral dengan cara menggosokkannya dan melihat material mana yang mampu menggores material lainnya merupakan metode yang sudah lama digunakan. Metode ini pertama kali disebutkan oleh Theophrastus dalam tulisannya Tentang Batuan sekitar tahun 200 SM, kemudian sekitar tahun 77 M diikuti Plinius yang Tua dalam Naturalis Historia.

Skala Mohs adalah skala ordinal murni, semisal korundum (9) dua kali lebih keras daripada topaz (8), namun intan (10) hampir empat kali lebih keras daripada korundum.

Namun sekarang sudah ada cara lebih mudah untuk mengetahui tingkat kekerasan dari batuan. Anda dapat mengukur tingkat kekerasan batu menggunakan alat uji kekerasan atau hardness tester. Alat ini mampu mengukur tingkat kekerasan dari suatu mineral atau suatu benda.

Kekerasan itu sendiri adalah sebuah sifat fisik dari bebatuan, yang dipengaruhi oleh tata letak intern dari atom. Untuk mengukur kekerasan mineral itulah Skala Kekerasan MOHS dipakai. Berikut ini contoh gambaran dari skala kekerasan :

  • Skala 1 Mohs : Talk, kuku ibu jari dapat menggoresnya
  • Skala 2 Mohs : GIPS, kuku ibu jari masih dapat menggoresnya
  • Skala 3 Mohs : Kalsit, pisau dapat menggoresnya
  • Skala 4 Mohs : Fluorit, dapat digores dengan pisau
  • Skala 5 Mohs : Apatit, agak susah digores menggunakan pisau
  • Skala 6 Mohs : Ortoklas, dapat dicuwil tipis – tipis menggunakan pisau di bagian pinggir
  • Skala 7 Mohs : Kwarsa, Zamrud dan Hematite dapat menggores kaca
  • Skala 8 Mohs : Topaz, dapat menggores kaca
  • Skala 9 Mohs : Ruby, Safir, Korundum, dapat menggores topaz (batu permata delima, corak biru batu nilam/safir)
  • Skala 10 Mohs : Intan, dapat menggores korundum. Bentuk kristal intan adalah benda padat bersisi delapan (oktaherdron)

Postingan Terakhir

Mengetahui Ciri Biji Kakao Yang Baik

yohanes

Pengertian dan Karakteristik Tanah Andosol

yohanes

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

yohanes

Leave a Comment