Pengetahuan

Cari Tahu Yuk!!! Manfaat Membaca Buku Sejak Dini Untuk Anak

Manfaat Membaca Buku Sejak Dini Untuk Anak

Manfaat Membaca Buku Sejak Dini Untuk Anak – Sebagai orang tua sudah pasti para orang tua miliki harapan-harapan khusus kepada anak-anaknya. Akan ayah bunda bentuk seperti apakah mereka, ingin jadi seperti apakah mereka kelak ?

Salah satu impian tiap orang tua adalah ingin memiliki anak yang cerdas. Kecerdasan sebenarnya mampu untuk dibentuk, tidak hanya karena aspek genetik atau keturunan, tapi mampu didapat juga dari beraneka hal yang dapat dilakukan. Seperti nutrisi yang baik, permainan dan juga rutinitas atau kegiatan positif yang dibentuk sejak dini. Orang tua memiliki peran besar didalam pembentukan kegiatan positif pada anak. Salah satu caranya yaitu dengan menambah potensi anak didalam cara belajar. Baca Buku merupakan hal yang bisa dilakukan untuk menunjang hal tersebut.

Banyak faedah atau manfaat yang mampu ayah dan bunda peroleh ketika membacakan buku bagi anak. Beberapa hal diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Kemampuan Bahasa dan Komunikasi

Salah satu manfaat membaca buku sejak umur dini yang pasti adalah untuk membawa dampak kekuatan dalam hal bahasa dan komunikasi anak Anda agar jadi lebih baik. Kinerja otak anak akan jadi lebih aktif dikarenakan terstimulasi dari kesibukan membaca. Berikan bacaan sesuai dengan umur anak dan bebaskan mereka untuk memilih buku bacaan yang mereka senangi dari cerita dongeng hingga ensiklopedia anak. Supaya tidak memberikan kesan membosankan, cari buku yang disertai dengan gambar dan punya warna yang menarik.

2. Menambah Kosakata Anak

Dengan membaca, anak akan menjadi terbiasa untuk mendengarkan berbagai macam kosakata baru. Ini dapat memperkaya mereka dalam mengetahui beraneka kata yang ada disekitar mereka. Hal ini juga merupakan salah satu cara yang paling efisien untuk membuat otak sehingga lebih berkembang gara-gara anak dirangsang untuk memperkaya “bahasa” mereka.

Sebagai contoh, sebuah penelitian telah memperbandingkan dua kelompok bayi yang berusia delapan bulan. Kelompok pertama merupakan kelompok yang kerap dibacakan buku cerita oleh orang tuanya dan kelompok ke-2 sebaliknya. Hasilnya bahwa pada kelompok yang pertama, kosakata pemahaman si bayi menjadi meningkat menjadi 40 persen, sedangkan kelompok non membaca cuma sebesar meningkat 16 persen saja.

3. Memancing Daya Imajinasi Anak

Fungsi membaca buku pada saat masih kecil tidak hanya meningkatkan perbendaharaan kata saja, namun terhitung juga mampu memancing kekuatan imajinasi anak. Selain gambar yang menarik, kalimat yang gampang dicerna yang terkandung terhadap kronologis cerita dongeng membuat anak jadi lebih aktif dalam memanfaatkan imajinasinya. Biarkan mereka memikirkan tokoh-tokoh dan karakter yang ada di dalam cerita selanjutnya ajak mereka untuk mendefinisikan ulang apa yang mereka tangkap sesuai dengan versi mereka sendiri. Agar lebih semangat, jangan lupa memberi tambahan reward layaknya cokelat atau bisa juga dengan buku baru.

4. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Dengan perbendaharaan kata yang tambah banyak, bakal menolong anak lebih ringan didalam berkomunikasi. Mereka bakal lebih percaya diri didalam berucap karena mereka kaya dengan berbagai kata dan kalimat. Susunan yang baik didalam bicara pun secara perlahan bakal berpengaruh terhadap langkah mereka berkomunikasi. Selain itu, kala Anda membacakan buku ke anak sebaiknya dengan volume nada yang mampu didengar baik oleh mereka (read a loud). Karena dengan read a loud, Anda mengajarkan banyak keterampilan didalam berkomunikasi. Bagaimana langkah berbicara, mendengarkan dan membaca yang baik.

5. Membuat Anak Menjadi Aktif dan Cepat Tanggap

Faedah dalam Gerakan Membaca buku menjadi nyata kala anak-anak yang mula-mula kerap berdiam diri, saat ini jadi lebih aktif. Berdasarkan sebuah penelitian, kesibukan membaca buku mempunyai andil yang sangat diperlukan dalam pengembangan motorik. Semakin sering untuk ditunaikan dan dilatih, anak dapat jadi lebih tanggap dalam menangkap sesuatu. Untuk optimalisasi situasi dalam berkegiatan membaca buku, Anda bisa menambah dekor interior yang menggembirakan layaknya warna-warna cerah atau pembawaan tokoh idola anak saat ini.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi terhadap anak usia dini adalah investasi terbesar dalam sistem tumbuh kembang anak, Salah satunya dengan cara membangun budaya membaca pada anak. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca

Jangan lupa Moms juga bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget. Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020.

Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation

Atau untuk informasi lebih lanjut bisa klik Disini.

Postingan Terakhir

Cara Agar Dak Beton Tidak Mudah Retak

yohanes

Cara Memasak Ayam Kecap

Brand Ambyarsador

Berkenalan Dengan Teknologi Baru 5G

yohanes

Leave a Comment