Pengetahuan

Kandungan Nutrisi Penting Dalam Cengkeh

kandungan dalam cengkeh

Kandungan Nutrisi Penting Dalam Cengkeh – Cengkeh merupakan rempah serbaguna dengan rasa manis dan aroma harum yang khas. Cengkeh biasanya digunakan sebagai bumbu rendaman untuk panggangan, menambah rasa pada minuman hangat, hingga untuk memperkuat aroma kue. Namun ternyata, kandungan nutrisi yang ada di dalam cengkeh juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Meskipun bertubuh kecil, namun jangan sepelekan kandungan nutrisinya. Dalam satu sendok teh cengkeh (2 gram) berisi 1 gram karbohidrat, dan 1 gram serat dan energi sebesar 21 kalori. Satu sendok teh cengkeh pun dapat mengisi 30% keperluan pangan, 4% vitamin K, dan 3% vitamin C dari kebutuhan harian tubuh. Cengkeh juga mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin E, meskipun jumlahnya sedikit.

Berbagai vitamin serta mineral penting inilah yang mendukung manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Melindungi Dari Kanker

Cengkeh diperkaya oleh antioksidan eugenol untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat memicu perkembangan kanker. Selain eugenol, cengkeh juga mengandung vitamin C sebagai antioksidan yaitu untuk membantu menetralisir radikal bebas. Kekuatan antioksidan di dalam cengkeh bahkan diberitakan lima kali lebih efektif daripada vitamin E dan jenis antioksidan lainnya.

Penumpukan radikal bebas didalam tubuh dapat merusak kode DNA serta menyebabkan stres oksidatif yang memicu berbagai penyakit kronis. Mulai dari radang sendi, penyakit jantung, aterosklerosis, stroke, hipertensi, tukak lambung, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, kanker, hingga menyebabkan penuaan.

2. Membunuh Bakteri Penyebab Penyakit

Cengkeh mempunyai sifat antibakteri yang dapat menghentikan infeksi. Sebuah penelitian menunjukkan, jika minyak esensial cengkeh sangat efektif dalam membunuh bakteri E. coli yang dapat menyebabkan kram perut, diare, dan kelelahan.

Cengkeh pun dapat menolong menjaga kesehatan mulut, yakni dengan teknik menghentikan perkembangan dua jenis bakteri penyebab plak gigi dan penyakit gusi (gingivitis). Apabila Anda tidak ingin mengunyah cengkeh, gunakanlah obat kumur yang mengandung ekstrak cengkeh untuk mendapatkan manfaat yang satu ini.

2. Meningkatkan Kesehatan Hati

Tidak hanya mampu melindungi tubuh dari kanker, eugenol yang ada dalam cengkeh dapat membantu meningkatkan kesehatan hati. Sebuah penelitian hewan yang dilakukan pada tikus melaporkan bahwa minyak cengkeh dapat meningkatkan fungsi hati serta mengurangi peradangan. Penelitian lain menunjukkan, jika eugenol dapat membantu meredakan gejala sirosis hati. Penelitian lain yang dilakukan pada manusia menemukan jika mengkonsumsi suplemen eugenol selama satu minggu dapat menurunkan kadar GST, enzim yang sering menjadi tanda penyakit hati.

Namun demikian, perlu diingat jika eugenol dapat berbalik menjadi racun bagi hati apabila dikonsumsi dalam dosis yang tinggi. Satu studi kasus menunjukkan jika 5 hingga 10 ml minyak cengkeh pada anak-anak dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Pengeroposan pada tulang dapat meningkatkan risiko mengalami osteoporosis. Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan melaporkan, apabila senyawa aktif didalam cengkeh telah terbukti dapat membantu menjaga dan meningkatkan kepadatan massa tulang. Kandungan mangan di dalam cengkeh juga dapat membantu proses pembentukan tulang, dan sangat penting bagi kesehatan tulang.

4. Mengobati Sakit Maag

Sakit maag paling sering disebabkan karena penipisan lendir lambung yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti stres dan infeksi. Sebuah penelitian terhadap hewan menunjukkan, jika minyak esensial cengkeh dapat meningkatkan produksi lendir lambung yang berfungsi sebagai penghalang dari efek asam lambung, sekaligus mencegah erosi pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

5. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian menunjukkan, jika senyawa yang ditemukan dalam cengkeh dapat membantu mengendalikan gula darah. Penelitian lainnya mengamati efek ekstrak cengkeh dan nigericin, senyawa yang ditemukan pada cengkeh, baik pada sel otot manusia maupun pada tikus dengan diabetes.

Cengkeh dan nigericin ditemukan untuk meningkatkan penyerapan gula dari darah menuju sel, meningkatkan sekresi insulin dan meningkatkan fungsi sel-sel yang dapat menghasilkan insulin. Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk memindahkan gula dari darah menuju ke sel. Dalam kombinasi dengan diet seimbang, manfaat cengkeh dapat membantu menjaga kadar gula darah Anda.

Postingan Terakhir

Perbedaan Limbah Organik dan Anorganik

yohanes

Mengetahui Ciri Biji Kakao Yang Baik

yohanes

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

yohanes

Leave a Comment