Pengetahuan

Jembatan Terpanjang di Dunia

Jembatan Terpanjang di Dunia

Jembatan Terpanjang di Dunia – Seperti yang kita tahu jembatan adalah bangunan yang berfungsi untuk menghubungkan dua tempat yang terpisah. Beberapa hal yang membuat dua tempat terpisah adalah seperti adanya sungai, celah, jurang, bukit, dll.

Jembatan Terpanjang di Dunia

Umumnya kita hanya menjumpai jembatan yang panjangnya sekitar ratusan meter saja, namun tahukah Anda bahwa di dunia ini ada beberapa jembatan yang sangat panjang. Bahkan beberapa jembatan tersebut ada yang mencapai ratusan kilometer, hal ini tentu dalam tahapan pembuatan jembatan membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang besar. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa Jembatan Terpanjang di Dunia :

1. Jembatan Grand Danyang, Tiongkok (164,8 KM)

Jembatan Terpanjang di Dunia

Jembatan ini tercatat dalam Guiness Book of World Records sebagai jembatan terpanjang di dunia yang mencapai 164,8 KM. Jembatan ini berfungsi sebagai jalur kereta cepat yang menghubungkan Beijing dan Shanghai, dalam pembangunannya sendiri jembatan ini menelan anggaran mencapai 8 miliar dolar AS.

2. Jembatan Grand Tianjin, Tiongkok (113,7 KM)

Jembatan Grand Tianjin

Jembatan yang menghubungkan Langfang dan Qingxian ini adalah jalur rel kereta api dan rampung dibangun pada tahun 2011 lalu. Akan tetapi jembatan ini baru mulai beroperasi 1 tahun setelahnya, dengan panjang 113,7 KM membuat jembatan ini menjadi jembatan terpanjang kedua di dunia hingga saat ini.

3. Bang Na Expressway, Thailand (55 KM)

Bang Na Expressway

Bang Na Expressway dengan panjang 55 KM ini sempat menjadi jembatan terpanjang di dunia pada tahun 2010 sebelum rekornya tersebut dipecahkan. Jembatan ini sendiri adalah jalan layang yang terdiri dari 6 jalur dan menghubungkan antara Bang Na dengan Trat. Akan tetapi tidak semua bentang jembatan ini melintasi badan air.

4. Lake Pontchartrain Causeway, Amerika Serikat (38,35 KM)

Lake Pontchartrain Causeway

Jembatan yang melintasi Danau Pontchartrain ini terdiri atas 2 jembatan paralel dan menjadi jembatan terpanjang di Amerika Serikat. Dengan panjang bentang 38,35 KM di atas badan air membuatnya masuk ke dalam jajaran jembatan terpanjang di dunia.

5. Jembatan Manchac Swamp, Amerika Serikat (36,7 KM)

Jembatan Manchac Swamp

Amerika Serikat juga mempunyai satu lagi jembatan terpanjang di dunia yaitu Manchac Swamp yang berada di Louisiana. Jembatan ini terkenal dengan legenda yang mengatakan bahwa jembatan ini dihantui, meski begitu jembatan ini memang sangat aman. Salah satu keunikan jembatan ini adalah adanya sarang buaya yang ada di bawahnya.

6. Jembatan Teluk Hangzhou, Tiongkok (35,67 KM)

Jembatan Teluk Hangzhou

Jembatan dengan panjang 35,67 KM ini dinobatkan sebagai jembatan antar samudera terpanjang di dunia yang berada di Teluk Hangzhou, Tiongkok. Jembatan yang selesai dibangun pada 2007 ini langsung beroperasi pada tahun yang sama dengan menghubungkan daerah Jiaxing dengan Ningbo di Provinsi Zhejiang.

7. Jembatan Runyang, Tiongkok (35,66 KM)

Jembatan Runyang

Jembatan yang juga terletak di Tiongkok ini membentang di atas sungai Yangtze provinsi Jiangsu dan masuk dalam kompleks jembatan raksasa. Ada 2 jembatan utama yang menyambung menjadi jembatan ini yaitu Zhenziang yang berada di tepi selatan dan Yangzhou yang berada di utara yang masih 1 bagian dengan Beijing-Shanghai Expressway.

8. Jembatan Donghai, Tiongkok (32,5 KM)

Jembatan Donghai

Jembatan terpanjang terakhir masih berada di daerah TIongkok yaitu jembatan Donghai yang menghubungkan pelabuhan air laut Yangshan dengan Shanghai. Jembatan dengan panjang 32,5 KM ini melintas di atas laut dan menjadi salah satu jembatan lintas laut terpanjang di dunia.

Postingan Terakhir

Cara Memasak Ayam Kecap

Brand Ambyarsador

Cari Tahu Yuk!!! Manfaat Membaca Buku Sejak Dini Untuk Anak

yohanes

Perbedaan Antara Air Laut dan Air Pegunungan

yohanes

Leave a Comment