Olahraga Pengetahuan

Jacksen F. Tiago, Kembali Berkilaunya Sang Mutiara Hitam

Kontes Blog Shopee Liga 1

Kontes Blog Shopee Liga 1 – Persipura Jayapura atau singkatan dari Persatuan Sepak bola Indonesia Jayapura merupakan sebuah kesatuan klub sepak bola profesional di Indonesia yang berasal dari wilayah timur tepatnya dari Jayapura, Papua.

Bermarkas di Stadion Mandala Jayapura yang mana stadion ini sekarang memiliki kapasitas 30.000 kursi penonton, dan saat ini sedang mengalami proses renovasi penambahan 20.000 kursi lagi. Sehingga nantinya akan memiliki kapasitas 50.000 kursi yang akan membuat stadion ini menjadi stadion terbesar di wilayah timur Indonesia.

Kontes Blog Shopee Liga 1
Skuad Persipura Jayapura Tahun 2019

Mutiara Hitam atau julukan dari Persipura ini juga memiliki prestasi yang mentereng di Indonesia. Prestasi tertinggi mereka adalah menjadi 4 kali juara Liga Indonesia dari tahun 2005 sampai 2013. Pada era perserikatan, Persipura Jayapura menjuarai Divisi I pada tahun 1979 dan 1993 serta menjadi Runner-up Divisi Utama pada tahun 1980.

Tidak hanya itu, Persipura juga dikenal sebagai klub bola yang banyak melahirkan pemain lokal yang berkelas dan berkualitas di lapangan. Boaz Solossa, Yohanes Auri, Eduard Ivakdalam, Erol Iba, Gerald Pangkali, Jack Komboy adalah segelintir nama yang berasal dan besar dari klub Persipura Jayapura ini.

Pada tahun 2019 ini, Persipura Jayapura juga menjadi salah satu kontestan dari Shopee Liga 1 di Indonesia. Shopee Liga 1 merupakan kompetisi liga profesional level tertinggi dalam sepak bola yang ada di Indonesia. Pada Shopee liga 1 ini, ada 18 tim yang saling berusaha dan bersaing untuk memperebutkan title juara sampai akhir musim nanti.

Shopee Liga 1 2019
Shopee Liga 1 2019

Pada awal musim Shopee liga 1 2019, Persipura Jayapura yang saat itu dilatih oleh Luciano Leandro dari Brasil mengawali awal musim dengan start yang buruk. Mereka hanya mencatatkan 4 kali imbang, 3 kali kalah dan tidak pernah merasakan kemenangan dalam 7 laga awal dan membuat redupnya performa klub berjuluk mutiara hitam ini. Hal inilah yang mengakibatkan dipecatnya Luciano Leandro dari kursi kepelatihan Persipura Jayapura.

Tidak ingin melihat Timnya terus terpuruk, Petinggi klub Bumi Cendrawasih akhirnya menunjuk Jacksen F. Tiago yang kebetulan baru saja mengundurkan diri dari Barito Putera untuk menggantikan Luciano Leandro sebagai pelatih kepala di Persipura Jayapura. Berharap agar Persipura Jayapura bisa bangkit dan bisa bersaing bahkan bisa berjaya kembali dengan menghadirkan kembali sang suksesor.

Dan hasilnya cukup memuaskan, Di bawah asuhan pelatih Jacksen F. Tiago Persipura dapat memenangi 9 kali pertandingan, 2 kali imbang serta 2 kali tumbang dari 13 pertandingan yang sudah mereka jalani. Tidak hanya itu, mereka juga sudah menghasilkan sebanyak 24 gol dan 8 gol kebobolan serta bisa membukukan clean sheet dalam pertandingan.

Mengenal Siapa Itu Jacksen F. Tiago?

Jacksen F. Tiago
Jacksen Ferreira Tiago

Jacksen Ferreira Tiago atau sering disapa Jeksen F. Tiago merupakan seorang mantan pemain sepak bola berasal dari Brasil yang lahir di Rio de Janeiro, Brasil, pada tanggal 28 Mei 1968. Dia adalah seorang striker asing yang terkenal dan juga memiliki karir sebagai pemain maupun pelatih yang sukses di indonesia.

Pada musim pertamanya bermain di Liga Indonesia, Jacksen F. Tiago bermain untuk klub Petrokimia Putra dan membawa klub tersebut menjadi Runner-up Liga Indonesia pertama. Setelah itu Jacksen berpindah ke PSM Makasar untuk berpetualang kembali, namun di PSM Makasar karirnya tidak begitu cemerlang dan tidak begitu bagus.

Merasa kurang puas dengan hasil di PSM Makasar, Jacksen akhirnya berpindah klub kembali. Dan diapun dipinang oleh klub dari Surabaya yaitu Persebaya Surabaya. Karirnya di Persebaya bisa dibilang sangat baik, 2 musim bermain untuk Persebaya Jacksen mampu menjadi pemain terbaik Liga Indonesia pada musim 1996/1997 dan membawa Persebaya menjadi juara Liga Indonesia.

Jacksen F. Tiago Saat Membela Persebaya Surabaya
Jacksen F. Tiago Saat Membela Persebaya Surabaya Tahun 1996

Setelah 2 musim bersama Persebaya, dia lalu mencoba peruntungannya pindah ke Singapura untuk membela Geylang United. Namun Jacksen hanya bertahan semusim saja sebelum dia kembali lagi ke Persebaya Surabaya. Lalu pada tahun 2001 Jacksen kembali lagi bermain untuk Petrokimia dan di akhir musim dia memutuskan untuk pensiun sebagai pemain sepak bola.

Setelah pensiun karirnya berlanjut menjadi seorang pelatih. Jacksen berhasil membawa Persebaya Surabaya yang terdegradasi sebelumnya untuk promosi kembali ke Divisi Utama di tahun 2003 dan berhasil menjuarai Liga bersama Persebaya Surabaya sebagai pelatih di tahun 2004.

Namanya mulai dikenal sebagai pelatih bertangan dingin ketika di tahun 2008 Jacksen menandatangani kontrak kesepakatan untuk melatih Persipura Jayapura. Ditangan Jacksen F. Tiago, Persipura Jayapura pada saat itu mampu menjadi kampiun dan memenangi 3 gelar Liga Super Indonesia yaitu pada tahun 2008/2009, 2010/2011 dan 2012/2013.

Persipura Jayapura Juara ISL Tahun 2012
Jacksen Membawa Persipura Jayapura Juara ISL Tahun 2012

Hal inilah yang membuat PSSI atau Asosiasi Sepak Bola Indonesia menunjuknya sebagai asisten pelatih Tim Nasional Indonesia untuk menghadapi Arab Saudi pada ajang babak Kualifikasi Piala Asia AFC 2015. Dan setelah itu pada bulan April di tahun yang sama ia resmi ditunjuk PSSI untuk menjadi Pelatih Kepala Tim Nasional Indonesia.

Kunci Sukses Jacksen F. Tiago Bersama Persipura Jayapura

Kehebatannya dalam meracik strategi dan memotivasi pemain merupakan salah satu kunci sukses Jacksen untuk membuat Persipura Jayapura kembali dapat bersaing di papan atas Shopee Liga 1 yang sedang berlangsung saat ini. Berikut beberapa alasan lain yang membuat Jacksen dapat membuat Persipura Jayapura menjadi klub yang kuat kembali.

1. Pengalamannya Dalam Liga Indonesia

Siapa yang tidak mengenal Jacksen F. Tiago, kiprahnya di dunia persepakbolaan Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi. Entah sebagai pemain maupun sebagai seorang pelatih. Pengalaman inilah yang membuatnya mampu membangun sebuah Tim untuk mencapai sebuah kesuksesan. Karena memang pengalaman merupakan guru yang paling baik.

2. Planning Ke Depan dan Tidak Miskin Strategi

Kemampuan analisa yang dimiliki Jacksen memanglah sangat baik. Dia mampu menentukan hal apa yang harus dilakukan selanjutnya dalam sebuah pertandingan jika menemukan hasil yang tidak sesuai dengan yang diinginkannya. Tidak asal hanya melakukan pergantian pemain tapi melakukan pergantian yang dapat menentukan hasil pertandingan.

Jacksen F. Tiago Saat Memberikan Arahan Kepada Pemain
Jacksen F. Tiago Saat Memberikan Arahan Kepada Pemain

Tidak hanya itu, Jacksen juga memiliki planning yang baik untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya. Sudah memikirkan strategi apa yang akan digunakan, menganalisa permainan lawan, bahkan squad yang akan dipakai pun sudah dipersiapkan sebelum-sebelumnya.

3. Cara Pendekatan Kepada Pemain

Hal inilah yang paling berpengaruh dalam membuat pemain menjadi enjoy dan menikmati dalam melakukan pertandingan. Jacksen selalu melakukan pendekatan kepada pemain Persipura Jayapura sebagai seorang keluarga bukan sebagai seorang pelatih.

Baca Juga – Sistem Air Bersih Ibu Kota Baru

Cara ini adalah cara yang tidak semua pelatih di Indonesia memilikinya. Dengan cara seperti ini, pemain akan menjadi percaya, nyaman dan tanpa disadari akan memberikan semangat tersendiri karena merasa berjuang untuk keluarganya sendiri.

4. Mampu Memaksimalkan Squad Yang Ada

Membuat pemain nyaman di posisinya saat bermain merupakan salah satu cara untuk meraih kemenangan pada setiap pertandingan. Memaksimalkan kemampuan dari setiap pemain dengan memberikan mereka keleluasaan untuk mengeluarkan kemampuan terbaik mereka adalah cara yang digunakan oleh pelatih yang satu ini.

5. Percaya Terhadap Kemampuan Pemain

Tidak hanya pemain yang sudah berpengalaman saja yang dipakai oleh Jacksen F. Tiago. Namun dia juga mampu dan percaya terhadap pemain-pemain muda untuk mengembangkan potensi mereka. Lihat saja sekarang, Todd Rivaldo Ferre yang pada era Luciano Leandro jarang diturunkan sekarang menjadi salah satu pemain reguler dari Persipura Jayapura.

Todd Rivaldo Ferre
Todd Rivaldo Ferre Saat Melawan Bhayangkara FC

Kemampuan dalam memoles skill pemain muda dan juga kepercayaannya terhadap mereka, itulah yang membuat pemain-pemain muda Persipura Jayapura merasa tertantang dan dapat mengeluarkan kemampuan terbaik mereka.

6. Totalitas Dalam Melakukan Pekerjaannya

Totalitasnya dalam mendampingi dan membangun klub Persipura Jayapura patut untuk di apresiasi. Pada tanggal 27 September 2019 saja, Dia tetap mendampingi anak asuhnya Persipura Jayapura dalam pertandingan melawan PSM Makasar meski Jacksen baru saja menjalani operasi kaki dan dalam kondisi Pen yang masih ada pada kakinya.

Meski dalam keadaan yang terpincang-pincang, Jacksen tetap memberikan instruksi dari pinggir lapangan. Dan hasilnya berbuah manis, Persipura Jayapura berhasil mengalahkan PSM Makasar dengan skor 3-1.

Jacksen Saat Mendampingi Persipura Jayapura VS PSM Makasar
Jacksen Saat Mendampingi Persipura Jayapura VS PSM Makasar

“SAYA tak ingin membiarkan anak-anak (Pemain Persipura Jayapura) berjuang sendirian di lapangan,’’ kata Jacksen soal alasannya tetap datang ke Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, saat Persipura Jayapura melawan PSM Makasar.

Kehadiran Jacksen mampu membuat motivasi pemain Persipura menjadi terangkat. Sejumlah pemain pun tampil dengan sangat luar biasa. Salah satunya Titus Bonai. pemain berusia 30 tahun itu mencetak Brace ke gawang PSM Makassar. Tak salah jika dia juga masuk deretan pemain terbaik Shopee Liga 1 pada pekan ke-21 versi Statoskop dan Jawa Pos.

Perlahan namun pasti, Persipura Jayapura mulai kembali naik ke papan atas Shopee Liga 1 2019. Kemenangan atas Tira Persikabo 3-0 kemarin membuat anak asuh Jacksen F. Tiago ini naik ke posisi 5 klasemen hingga Selasa 8 Oktober 2019. Sang Mutiara Hitam sudah meraih 33 poin dari hasil 20 laga yang sudah mereka jalani.

Pemain Persipura Ketika Merayakan Gol
Pemain Persipura Ketika Merayakan Gol

Kepercayaan pelatih terhadap pemain dan kepercayaan pemain terhadap pelatih merupakan hal yang vital dalam sebuah tim. Rasa percaya dapat membuat sebuah kerja sama tim yang baik, mampu saling menutup kekurangan satu sama lain dan mampu memberi semangat lebih dalam bertanding.

Itulah yang pelatih Jacksen F. Tiago lakukan terhadap Persipura Jayapura. Mampu merangkul mereka dan percaya terhadap kemampuan mereka adalah sebuah hal yang luar biasa.

Jacksen F. Tiago, The Hero Behind Persipura Jayapura.

Postingan Terakhir

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

yohanes

Mitos Yang Salah Terkait Makan Durian

yohanes

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

yohanes

Leave a Comment