Lingkungan Pengetahuan

Ciri Udara Yang Bersih Dan Sehat

Ciri Udara Yang Bersih Dan Sehat

Ciri Udara Yang Bersih Dan Sehat – Udara yang bersih adalah udara yang mengandung banyak manfaat bagi manusia. Udara yang bersih besar dari segala macam sesuatu yang tidak dibutuhkan oleh manusia, baik itu berupa zat – zat atau partikel – partikel padat seperti debu, kotoran, dan lainnya maupun berupa gas- gas yang tidak diperlukan karena sifatnya yang merugikan, seperti karbondioksida, karbonmonoksida, dan gas – gas yang berbahaya lainnya.

Udara yang bersih dan sehat ini memiliki ciri khas khusus yang membedakannya dengan udara yang cenderung tidak baik atau cenderung tercemar. Lantas apa saja ciri – ciri udara yang bersih dan sehat untuk kita hirup?

Ciri – ciri Udara Bersih Dan Sehat

Udara yang bersih lagi sehat berbeda dengan udara yang biasa kita hirup dalam suasana hiruk pikuk, seperti daerah perkotaan. Udara yang bersih dan sehat ini merupakan udara yang murni, sejuk, dan terasa segar apabila kita hirup dan masuk ke paru – paru kita.

Udara bersih merupakan udara yang murni dan belum tercampur dengan berbagai benda asing, baik dalam bentuk padat, cair, maupun gas, serta zat – zat lain yang bersifat merugikan. Tentunya antara udara yang bersih dan sehat akan berbeda dengan udara yang tercemar dan kotor, untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa ciri udara yang bersih dan sehat untuk kita :

1. Udara Tidak Berwarna

Udara yang bersih dan sehat tentunya tidak memiliki warna, ciri ini dimiliki oleh udara murni yang terdapat di wilayah yang masih dipenuhi tumbuhan. Udara yang murni merupakan udara yang tidak mempunyai warna, sehingga jika terdapat warna pada udara maka udara tersebut maka udara tersebut tidak baik atau tidak sehat. Udara yang mempunyai warna merupakan udara yang telah tercampur dengan gas – gas ataupun benda lainnya tertentu sehingga menimbulkan warna yang terasa asing dan merusak kemurnian udara.

2. Udara Tidak Berbau

Ciri yang kedua yang dimiliki oleh udara adalah tidak berbau. Udara yang bersih merupakan udara yang terasa segar apabila kita hirup, dan tentu saja tidak berbau. Apabila udara yang kita hirup memiliki bau, terlebih lagi jika bau tersebut tidak mengenakan maka bisa dipastikan udara tersebut sudah tercemar. Hal ini disebabkan karena udara telah tercampur dengan zat lain yang umumnya adalah udara juga sehingga udara tersebut menjadi tidak murni lagi.

3. Udara Tidak Berasa

Ciri selanjutnya dari udara adalah udara tidak mempunyai rasa. Udara yang murni adalah udara yang tidak mempunyai rasa apapun, sehingga apabila kita merasakan udara yang kita hirup mempunyai rasa, maka udara tersebut bukanlah udara yang murni lagi. Indikasi rasa pada udara ini dapat dirasakan melalui bau pada udara tersebut. Apabila udara yang kita hirup mempunyai bau tertentu, hal itu menandakan bahwa udara tersebut juga mempunyai rasa.

4. Tidak Tercampur Dengan Benda Asing

Ciri yang paling umum untuk menyatakan sesuatu hal yang murni adalah tidak tercampur dengan benda – benda asing lainnya. Benda – benda asing ini adalah benda yang dapat mempengaruhi kemurnian udara tersebut, baik itu gas, cairan, maupun benda padat lainnya. Campurnya udara dengan benda – benda yang bersifat lainnya ini menyebabkan udara menjadi tidak bersih dan juga tidak menyehatkan.

Baca Juga – Kontes Blog Shopee Liga 1

Hal ini karena benda – benda yang tercampur di dalamnya ini terkadang mempunyai sifat yang membahayakan kesehatan. Dan udara yang tercampur dengan benda- benda lainnya ini terkadang menimbulkan perubahan pada warna, bau dan rasa sehingga dapat kita ketahui, namun terkadang tidak menimbulkan apapun sehingga sulit untuk kita ketahui.

5. Terasa Segar Apabila Kita Hirup

Udara yang bersih dan sehat merupakan udara yang terasa segar apabila kita hirup. Berbeda dengan udara yang yang telah tercemar yang apabila kita hirup maka akan menyesakkan dada. Udara bersih kesegarannya masih tetap terjaga hingga bisa menenangkan pikiran kita dan mengalirkan oksigen murni pada tubuh kita.

Kita juga bisa menggunakan Alat Pengukur Kualitas Udara atau Particle Counter untuk mengukur seberapa parah kualitas udara yang ada dilingkungan sekitar Anda.

6. Udara Terasa Sejuk

Udara yang bersih adalah udara yang terasa sejuk di badan. Berbeda dengan udara yang telah tercemar yang terasa panas di badan. Udara bersih dan sehat akan terasa sejuk apabila menyentuh permukaan kulit kita. Daerah yang masih dipenuhi dengan hijau – hijauan atau pepohonan umumnya memiliki udara yang terasa sejuk, terlebih lagi di pagi hari maka kesejukannya akan sangat terasa.

7. Dapat Digunakan Sebagai Terapi Kesehatan Tubuh

Udara yang bersih dapat dimanfaatkan sebagai alat terapi kesehatan. Maka dari itulah udara yang bersih dan sehat ini mempunyai ciri dimanfaatkan sebagai bahan terapi untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang dimiliki oleh udara bersih untuk kesehatan tubuh adalah untuk menjaga ketenangan, menghalau ketegangan, meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh dan juga menambah energi.

Postingan Terakhir

Cara Agar Dak Beton Tidak Mudah Retak

yohanes

Bahaya Micin Atau MSG Untuk Tubuh Kita

yohanes

Mengenal Skala Kekerasan Batu

yohanes

1 comment

Cara Merawat Akuarium Air Laut ~ Ahli Pengetahuan 12 November 2019 at 11:29 am

[…] Baca Juga – Ciri Udara yang Bersih dan Sehat […]

Reply

Leave a Comment