Lingkungan Pengetahuan

Cara Merawat Akuarium Air Laut

Cara Merawat Akuarium Air Laut

Cara Merawat Akuarium Air Laut – Mempunyai sebuah akuarium air laut yang berisikan terumbu karang indah serta beragam ikan cantik merupakan hiburan tersendiri yang dapat memanjakan mata. Tetapi memelihara ikan laut ditambah lagi dengan terumbu karangnya bukan hanya perihal yang mudah.

Ikan laut dan terumbu karang sangat amat peka terhadap lingkungannya layaknya mutu air ataupun sesama penghuni akuarium. Tetapi dengan pengetahuan cara menjaga akuarium air laut yang cukup, maka gambaran keindahan laut serta penghuninya dapat kita pindahkan ke rumah kita.

Sebenarnya ada beberapa cara sederhana saat merawat akuarium air laut supaya ikan serta terumbu karang bisa hidup dengan sehat serta indah dipandang mata adalah dengan menjaga ikan dan juga terumbu karang di dalam akuarium air laut tersebut.

1. Air di dalam akuarium harus kerap diganti

Air yang diganti sebanyak 20% setiap 2 minggu sekali, 50% setiap 1 bulan sekali. Gunakan air laut untuk mengganti air akuarium air laut, namun untuk menambah air akuarium air laut yang menguap dipakai air tawar yang sudah di aklamasi dikarenakan yang menguap cuma air saja namun garamnya tertinggal di akuarium.

2. Senantiasa teliti ph serta kandungan garam

Kadar pH dan garam yang tepat sangat dibutuhkan oleh ikan air asin dan juga terumbu karang maupun kerang. Kita dapat mengukur kadar pH menggunakan kertas lakmus atau pH meter, apabila terlampau rendah bisa diimbuhkan obat kalkwasser. Sedangkan kandungan garam dalam air kita dapat mengukurnya menggunakan salinity meter.

3. Gunakan protein skimmer

Protein skimmer adalah alat yang sangat mutlak saat menjaga mutu air laut.

Baca Juga – Ciri Udara yang Bersih dan Sehat

4. Pakai karang hidup

Gunakan karang hidup sebanyak – banyaknya manfaat melindungi mutu air dengan alami. karang hidup adalah karang yang masih banyak bagiannya yang berwarna ungu. Paling tidak kita menggunakan karang sekitar 1/3 dari volume akuariumnya.

5. Gunakan tumbuhan air

Tumbuhan air dapat dipakai untuk melindungi mutu air serta mempercantik tampilan. Kita dapat menggunakan rumput asam (caulerpa sertularioides), rumput jarum (chaetomorpha) atau anggur hijau untuk menjaga kualitas air akuarium. Tumbuhan air ini dapat kurangi kandungan nitrat dengan penting dan bikin air lebih mengasyikkan bikin ikan.

6. Teliti suhu air

Suhu air didalam akuarium harus senantiasa dicek, gunakanlah alat pengukur suhu atau termometer digital yang dipasang segera di akuarium serta setel alarm apabila suhu terlampau tinggi atau terlampau rendah. Suhu optimal untuk akuarium air laut adalah sekitar 28 derajat celcius.

7. Janganlah segera memasukan ikan

Saat akuarium baru di-setup kita tidak boleh gegabah untuk segera memasukkan ikan ke akuarium. Agar situasi akuarium menyerupai aslinya maka harus dibikin ”siklus nitrogen”, air akuarium yang bersirkulasi dapat menumbuhkan bakteri-bakteri pendukung kehidupan laut (aerob serta anaerob). Bakteri ini baru tampak lebih kurang 4 minggu. untuk akuarium baru dapat di check memasukan ikan betok hijau terlebih dulu.

8. Aklamasi terlebih dulu ikan yang baru dibeli

Sebelum ikan hias dipindahkan ke akuarium pastikan suhu air di plastik sudah sama dengan suhu akuarium. Ambangkan ikan tetap didalam plastiknya di akuarium sepanjang 20 menit, setelah itu buka plastiknya, masukkan sedikit air akuarium ke plastik ikan baru, diamkan lagi sepanjang 10 menit. setelah itu, ikan dapat dimasukkan ke akuarium. matikan dulu lampunya agar ikan tidak stress.

9. Batasi ikan

Ikan yang terlampau banyak dapat bikin ikan mudah stress serta mati, pemberian makan harus banyak serta air cepat kotor. ikan yang banyak dapat merepotkan didalam perawatan, terlebih apabila macamnya tidak sama lain. tentukan saja sebagian ikan yang sangat disukai.

10. Isi dengan ikan kecil

Apabila kita isi akuarium air laut dengan ikan hias kecil, akuarium dapat tampak lebih luas. bila berisi ikan hias besar, akuarium dapat tampak lebih sempit.

11. Pemberian makan 1 kali sehari

Pada ikan laut, tambah baik kurang daripada lebih. 1 barangkali telah cukup, makanan yang terlalu berlebih bisa turunkan mutu air laut didalam akuarium air laut.

12. Pelihara ikan jabing

Dengan memelihara ikan jabing kecil kita dapat menyingkirkan lumut yang ada di pasir akuarium. Ikan jambing (lawnmower blenny) dapat bersihkan basic pasir dari lumut kecoklatan karena ikan jabing suka mengkonsumsi lumut tersebut. ikan jabing sekarang ini populer di kelompok umur hobi karena memiliki tingkah yang unik serta menarik. tentukan saja yang kecil, karena bila besar bisa bikin pasir berantakan.

13. Pelihara udang pelet 5 ekor (lysmata amboinensis)

Udang pelet ini amat berguna karena suka mengonsumsi bakteri whitespot (bintik putih) yang kerap nampak pada ikan.

Postingan Terakhir

Perbedaan Antara Air Laut dan Air Pegunungan

yohanes

Bagaimana Cara Konversi Satuan IU Vitamin (A, D, E) Menjadi mg atau mcg

yohanes

Beragam Warna Urine dan Penyebabnya

yohanes

Leave a Comment