Pengetahuan Pertanian

Cara Menggunakan Alat Pengukur Kadar Air

Cara Menggunakan Alat Pengukur Kadar Air

Cara Menggunakan Alat Pengukur Kadar Air – Kadar air merupakan sejumlah air yang terkandung dalam bahan atau material tertentu dimana air ini menempati ruang kosong di dalam benda tersebut seperti celah sel.

Pada beberapa kasus, kadar ini merupakan indikator dari kualitas bahan atau material tersebut. Sebagai contoh kadar air pada bahan seperti kayu, biji-bijian kering, beton bangunan, kulit dll akan menentukan kualitas bahan tersebut.

Dalam bidang pangan maka kadar air ini memegang peranan penting terhadap daya tahan bahan pangan selama disimpan. Bila dalam kayu maka kadar air ini akan menghilangkan sifat kembang dan susutnya ukuran kayu tersebut, hal ini karena kayu yang memiliki kadar air tinggi masih mudah mengalami kembang dan susut ukurannya. Banyak lagi peranan kadar air ini pada sebuah bahan dan material yang dapat Anda cari.

Dalam mengukur kadar air ini ada beberapa metode atau cara yang dapat dilakukan yaitu :

1. Metode Kering Oven

Metode kering oven merupakan pengujian dan pengukuran kadar air dengan memanaskan bahan yang akan diukur. Langkah awal pengukuran menggunakan metode ini adalah dengan mengukur berat sampel yang akan diukur terlebih dahulu.

Setelah itu kemudian sampel akan dipanaskan dalam oven dengan panas dan waktu tertentu dimana oven ini sudah terhubung atau terintegrasi dengan timbangan digital. Setelah proses selesai maka berat sampel yang telah dipanaskan dan benar-benar kering akan diukur kembali. Dengan membandingkan berat sampel sebelum dan sesudah dipanaskan maka akan didapatkan nilai kadar airnya.

2. Metode Inductive

Metode ini biasa diterapkan dalam alat ukur yang telah menerapkan sistem digital. Metode ini menggunakan prindip induksi baik listrik maupun magnetik dalam mengukur kadar air pada sebuah bahan.

3. Metode Gaya tolak Elektris

Metode pengukuran gaya tolak elektris ini menggunakan listrik statis yang dilewatkan melalui bahan yang akan diukur. Metode ini juga banyak diterapkan dalam alat ukur. Alat ukur akan otomatis menghitung nilai kadar air pada suatu bahan saat listrik statis ini dilewatkan melalui bahan tersebut.

Dari metode pengukuran yang telah dijelaskan di atas yang paling mudah tentulah yang menggunakan alat ukur. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur kadar air ini adalah moisture meter. Alat ukur ini dalam mengukur pastilah dilengkapi dengan probe baik itu yang model tempel maupun tusuk. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara menggunakan moisture meter.

Cara Menggunakan Alat Pengukur Kadar Air

  1. Nyalakan alat ini dengan menekan tombol ON pada alat.
  2. Pilih mode pengukuran yang akan dilakukan, pilih bahan apa yang akan diukur apakah itu bijian atau kayu atau kulit dll.
  3. Kemudian tempelkan probe pada bahan yang akan diukur bila model probe adalah tempel, namun bila probe tersebut model tusuk maka tusukan probe tersebut pada bahan yang akan diukur.
  4. Tunggu beberapa saat karena alat sedang mengukur kadar air tersebut dengan otomatis.
  5. Setelah beberapa saat hasil pengukuran ini akan dapat Anda lihat pada layar LCD alat ini dalam bentuk angka digital. Anda dapat mencatat hasilnya untuk keperluan Anda.

Demikian adalah beberapa metode dalam pengukuran kadar air dan juga cara menggunakan alat ukur yang dirancang untuk pengukuran kadar air. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan menjadi keberkahan bagi kita semua. Amin.

Postingan Terakhir

Bahaya Radiasi Untuk Tubuh Manusia

yohanes

Tanaman Untuk Memperbaiki Kualitas Air

yohanes

Mengetahui Ciri Biji Kakao Yang Baik

yohanes

Leave a Comment