Pengetahuan Teknologi

Blade & Soul Revolution Atau Black Desert Mobile

Blade & Soul Revolution

Blade & Soul Revolution Atau Black Desert Mobile – Netmarble Corp yang merupakan sebuah perusahaan game global, mengumumkan dengan bangga bahwa game mobile aksi oriental terbaru MMORPG yaitu Blade & Soul Revolution, telah diluncurkan dan hadir di 24 negara Asia dan sudah bisa di unduh dari Google Play dan App Store.

Sebelumnya, game Blade & Soul Revolution telah di rilis terlebih dahulu di jepang & korea. Tidak hanya itu saja, game ini juga meraih peringkat pertama pada urutan chart unduhan Google Play Store yang ada pada kedua negara itu. Para pemain dan penggemar dari game ini bisa merasakan sensasi grafik yang memiliki kualitas tinggi dari Unreal Engine 4 yang bisa memunculkan aksi luar biasa pada game ini.

Blade & Soul Revolution sendiri merupakan game MMORPG versi mobile yang dibuat dan mengadaptasi dari game PC online populer yaitu Blade & Soul. Sama seperti pada versi PC pendahulunya, game ini senantiasa tetap menjaga kualitas dari grafik 3D secara keseluruhan dan konten yang berskala besar. Bukan itu saja, game ini juga telah diperbarui dari segi sistem dan tampilannya supaya dapat bekerja dan berjalan dengan baik pada perangkat mobile.

Selain tawarkan visual grafik 3D yang memiliki kualitas tinggi, para pemain juga dapat menikmati konten Faction War berskala besar secara real-time dan juga seni aksi bela diri yang sangat memukau. Selain itu, ada juga konten Dungeon penuh trik dan strategi dengan fitur sosial yang aktif layaknya berada dalam komunitas yang sebenarnya.

Blade & Soul Revolution mendapatkan antusiasme yang tinggi dengan sukses menduduki peringkat pertama di dalam kategori App Gratis pada iOS Apple Store di beberapa negara seperti Thailand, Hongkong dan Singapura, hanya setelah kurun waktu 9 jam saja sejak pra-unduhan tersedia

Sebagai wujud untuk perayaan perilisan dan juga pencapaian dari total lebih 2 juta pra-registrasi, para pemain yang telah ikut dan mendaftar pra-registrasi Blade & Soul Revolution akan mendapatkan begitu banyak ragam hadiah seperti contoh berikut ini :

  • 100.000 Pra-registrasi total tercapai: 200.000 Silver dan Protective Ring
  • 300.000 Pra-registrasi total tercapai: 30 Accessory Enhance Stone dan Protective Earrings
  • 500.000 Pra-registrasi total tercapai: 2 Incense Burner dan Protective Necklace
  • 700.000 Pra-registrasi total tercapai: Weapon Enhance Stone dan Protective Bracelet
  • 1.000.000 Pra-registrasi total tercapai: Master Class Costume

Netmarble juga akan mengadakan berbagai event menarik lainnya untuk merayakan perilisan Blade & Soul Revolution. Sebagai contoh Event 7 hari pemain Check-in tempat maka bisa mendapatkan Rare Weapon model Hunting, Golden Helm dan Rare Last Chance Earrings.

Tidak hanya itu saja, pemain juga bisa mendapatkan Hajoon Medal random Box eksklusif pada saat menyelesaikan semua mission. Pemain yang ikut Event Clan juga akan menerima hadiah Uncommon Pet. Sementara itu, pemain yang telah melakukan pembelian pertama bakal mendapatkan kostum spesial sebagai hadiahnya.

Gameplay Blade & Soul Revolution

Blade & Soul Revolution merupakan game ponsel yang membawa nuansa franchise versi PC agar dapat dimainkan oleh orang secara lebih luas. Game ini adalah remake yang tidak begitu memerlukan pemainnya untuk mengenal gamenya terlebih dahulu agar bisa lebih memahami cerita maupun keseruan gameplay-nya.

Gameplay-nya cenderung condong ke real time action dimana Anda harus mengatur serangkaian kombo serangan untuk memperoleh damage yang besar pada musuh.

Secara garis besar untuk gameplay-nya sendiri, Blade & Soul Revolution mempunyai gameplay yang hampir mirip dengan MMORPG pada umumnya yakni Anda bisa menjalankan quest untuk menaikkan level dan membunuh monster di sekitar untuk mendapatkan item. Tapi game ini bakal dibumbui juga dengan segudang fitur PvP yang menarik seperti contohnya faction war atau player kill.

Blade & Soul Revolution Atau Black Desert Mobile, Mana yang Lebih baik ?

Setelah pembahasan panjang mengenai game Blade & Soul Revolution diatas, pasti dikalangan para pecinta game MMORPG bertanya-tanya. Mana yang lebih baik dari Blade & Soul Revolution dengan Black Desert Mobile yang dimana mereka adalah sama-sama game MMORPG, Real-time action dan faction war?

Sebelum membahas mana yang lebih baik, kita kenalan dulu dengan game yang bernama Black Desert Mobile ini. Black Desert Mobile merupakan game yang dibuat dan diluncurkan oleh perusahaan game yang bernama Pearl Abyss. Sama seperti Blade & Soul Revolution, game ini juga sebelumnya hanya ada untuk versi PC dan konsol saja.

Game Black Desert Mobile pertama rilis pada bulan Februari 2018 oleh Pearl Abyss selaku pembesut game ini. Namun pada awal perilisannya, game ini hanya tersedia di Jepang, Korea dan Taiwan saja. Baru pada tahun 2019 ketersediaan Black Desert versi Android dan iOS diperluas ke lebih banyak negara.

Saat ini, Black Desert tercatat mempunyai lebih dari 20 juta pengguna baik di PC, mobile dan konsol. Game online Multiplayer ini telah memperoleh pendapatan lebih dari USD 1 miliar terhitung sejak tahun 2015. Dengan diperluasnya ketersediaan untuk versi mobile secara global, dipastikan dapat menambah pundi-pundi penghasilan untuk Pearl Abyss.

Perbedaan Blade & Soul Revolution vs Black Desert Mobile

Walaupun sama-sama game MMORPG dan juga bertipe sama yaitu faction war, kedua game ini memiliki beberapa perbedaan entah dari segi gameplay, grafis ataupun yang lainnya.

Sebelum membahas siapa yang lebih baik diantara keduanya, ada baiknya kita bedah terlebih dahulu perbedaan antara Blade & Soul Revolution vs Black Desert Mobile agar bisa sebagai acuan untuk menentukan manakah yang lebih baik. Berikut penjelasannya.

1. Besar Ukuran Game

Perbedaan yang paling terlihat adalah dari segi ukuran masing-masing game ini. Untuk game Blade & Soul Revolution sendiri, memiliki ukuran yang lumayan besar yaitu sekitar 4.7 GB. Sedangkan untuk Black Desert Mobile sendiri memiliki ukuran game yang lebih kecil, pada saat awal download hanya berukuran 90 MB saja untuk aplikasinya. Namun setelah itu ketika sudah masuk game Anda harus mendownload Patch tambahan berukuran kurang lebih 3 GB.

Untuk ukuran game mobile, dengan besar ukuran game seperti yang sudah dijelaskan di atas termasuk ukuran yang besar. Besarnya ukuran dari masing-masing game ini pun bukan tanpa alasan. Konfigurasi grafis dan gameplay permainan yang semakin tinggi, baik dan juga seperti nyata itu merupakan beberapa alasan yang membuatnya memiliki ukuran yang besar.

2. Perbedaan Dari Segi Tampilan Grafis

Hal yang sebagian para gamer perhatikan pada saat memilih game MMORPG adalah dilihat dari segi grafisnya. Semua desain grafis dari game Blade & Soul Revolution terbuat dari Unreal Engine 4, sebuah game engine biasanya dipakai oleh game yang berstandar AAA. Keindahan dari alam eksterior di dalam game dan desain dari masing-masing karakter yang mendetail membuatnya sangat hidup dan hampir sangat mirip dengan versi PC-nya.

Sedangkan untuk Black Desert Mobile, dari segi grafis tidak jauh beda dengan game Blade & Soul Revolution. Hanya saja pada beberapa bagian sangat terlihat masih belum sempurnanya game ini.

Kasus pada kualitas grafis game Black Desert Mobile ini bisa dikatakan lumayan unik. Pasalnya, di satu sisi Anda akan mendapatkan animasi yang benar-benar hidup dan mendetail. Di sisi lain, kualitas dari visualnya jauh lebih jelek dibanding game MMORPG mobile sekelasnya.

Anda dapat melihat keindahan grafis dari game Black Desert Mobile ketika Anda membiarkan layar tetap statis. Meki pergerakannya terasa halus, entah kenapa grafisnya jadi terlihat pecah pada saat menggerakkan karakter. Frame rate-nya nampak turun sehingga mengakibatkan tekstur jadi berantakan.

Sebuah improvisasi yang menarik juga dilakukan dengan mengimpor aset PC ke versi mobile. Namun sayangnya, hal ini malah membuat Black Desert Mobile menjadi kurang merepresentasikan situasinya. Hal ini dikarenakan dunia yang tengah dijelajahi dengan movienya menjadi terasa tidak sinkron dikarenakan tidak samanya tampilan visual yang disajikan. Selain tu, gambar movienya jadi terlihat pecah dan sedikit kurang enak dipandang.

Keunikan lainnya yang bisa kita lihat adalah grafis yang nampak buram ketika dari jauh, namun terlihat sangat mendetail ketika Anda zoom layar lebih dekat. Biasanya, kebanyakan game mempunyai kecenderungan terlihat baik saat layar jauh tapi terlihat kabur ketika Anda dekatkan.

Sesuai penjelasan diatas mengenai grafis, kami amat tidak menyarankan untuk memaksakan diri bermain game ini bila perangkat yang digunakan tidak memiliki spesifikasi minimal yang dibutuhkan.

3. Perbedaan Pada Beberapa Gameplay

Perbedaan pertama ada di bagian area permainan. Untuk game Black Desert Mobile areanya bisa dibilang cukup sempit. Sehingga hal ini membuat Anda dengan player lainnya harus berebut mob monster, karena game ini tidak memberikan XP banyak bila anda tidak ngemob.Sedangkan untuk game Blade & Soul Revolution sendiri, memiliki area yang luas sehingga memudahkan Anda untuk lebih banyak dalam mencari XP di permainan.

Perbedaan lainnya adalah ketika kita ingin meningkatkan skill. Pada Black Desert Mobile ketika kita ingin meningkatkan skill kita, kita harus membayarnya dengan uang in-game dan juga harus membutuhkan buku tertentu yang hanya bisa didapatkan dari quest. Sedangkan pada game Blade & Soul Revolution hanya dengan menggunakan uang in-game saja

4. Perbedaan Penggunaan Daya Baterai

Dari segi penggunaan daya baterai, game Black Desert Mobile jauh lebih irit ketimbang game Blade & Soul Revolution. Salah satu alasan yang membuat Blade & Soul Revolution lebih boros adalah dari segi grafisnya, semakin tinggi grafis pada suatu game pasti akan memakan daya yang semakin besar pula.

Jadi manakah yang lebih baik? Menurut kami game Blade & Soul Revolution lebih baik ketimbang game Black Desert Mobile. Walaupun dari segi ukuran lebih besar dan dari penggunaan daya baterai lebih banyak, namun dari segi grafis dan juga gameplay yang disediakan jauh lebih menarik dan tidak membosankan.

Namun tetap semua kembali lagi kepada penilaian masing-masing. Black Desert Mobile dan Blade & Soul Revolution adalah game MMORPG terbaik saat ini, dan mereka memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Postingan Terakhir

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

yohanes

Wajib Diketahui Inilah 10 Penyebab Beton Cor Retak

yohanes

Apa Saja Manfaat Rumput Laut

yohanes

Leave a Comment