Pengetahuan Teknologi

Berkenalan Dengan Teknologi Baru 5G

Teknologi 5G

Berkenalan Dengan Teknologi Baru 5G – Dari awal tahun 2019 jaringan 5G kini telah hadir di sejumlah wilayah di negara Amerika Serikat. Jaringan Generasi paling baru tersebut juga sudah dipastikan akan mulai bisa digunakan lebih luas pada tahun 2020 ini.

Jaringan ini adalah jaringan konektivitas mobile internet yang menawarkan koneksi jauh lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. Karena memiliki kecepatan yang tinggi, 5G juga diharapkan bisa membawa informasi maupun data yang lebih besar. Agar mampu menghubungkan dunia dengan lebih cepat dan mudah. Untuk lebih tau dan mengenal teknologi jaringan 5G, berikut kami berikan ulasannya.

Jika dibandingkan dengan jaringan generasi sebelumnya yaitu 4G atau LTE, 5G sanggup digunakan di dalam tiga jenis spektrum yang berbeda yakni low band, mid band dan high band. Pada low band, menawarkan koneksi pada area yang luas. Hanya saja mempunyai kelemahan yaitu kecepatan data maksimal hanya dapat mencapai 100Mbps. Lalu untuk mid band, kecepatannya mampu mencapai 1Gbps.

Sedangkan untuk high-band dirasa benar-benar sesuai dengan 5G dikarenakan mampu mentransfer data hingga 10Gbps, namun yang jadi masalah utama adalah daerah cakupannya yang tidak terlalu luas. Walaupun memiliki kecepatan maksimum yang begitu besar, kecepatan sesungguhnya tidak akan sama. Kecepatan download pengguna diperkirakan mencapai sekitar 100Mbps dan kecepatan upload sekitar 50Mbps.

Jaringan ini termasuk yang diharapkan untuk dapat membantu meningkatkan penerapan teknologi Internet of Things (IoT) dalam berbagai macam bidang di dunia. IoT merupakan rancangan komputasi yang saling berkaitan dan kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa membutuhkan hubungan manusia ke komputer. Iot bermanfaat untuk pelacakan logistik, smart city, smart building sampai agrikultur.

Menurut GSMA, 5G sanggup meraih sebanyak 1,2 miliar koneksi pada th. 2025. Diprediksi pula jaringan 5G dapat mencakup sepertiga populasi dunia. Kini perusahaan ponsel layaknya Samsung sudah mengeluarkan ponsel yang sanggup melayani jaringan 5G bagi negara-negara yang tersedia. Selain AS, negara-negara lain layaknya Korea Selatan, Jepang, China, merupakan negara yang pertama kali menyediakan jaringan 5G secara komersial.

Walaupun kehadiran teknologi 5G sebagai penerus 4G LTE telah semakin dekat, sejumlah negara telah mulai menerapkan teknologi ini. Namun tetap banyak pertanyaan yang muncul tentang teknologi teranyar ini.

Wajar saja memang, 5G disebut dapat mempunyai pengaruh yang besar pada kehidupan setiap orang di dunia. Banyak teknologi baru yang diklaim mampu dimungkinkan bersama dengan kehadiran 5G, layaknya mobil otonom, drone, internet of things (IoT), dan juga masih banyak lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan 5G

Teknologi jaringan generasi ke-5 ini menawarkan berbagai macam fitur, yang berfungsi bagi semua kalangan orang termasuk mahasiswa, profesional (dokter, guru, insinyur, pemerintahan, badan-badan administratif, dan lain-lain) dan apalagi untuk orang biasa.

Kelebihan Teknologi 5G

Ada beberapa kelebihan dari teknologi 5G yang sudah kami rangkum dibawah ini, berikut penjelasan singkatnya.

  • Resolusinya tinggi serta memiliki bandwidth yang besar dan bi-directional.
  • Teknologi untuk menyatukan seluruh jaringan terhadap satu platform.
  • Lebih efektif dan efisien.
  • Teknologi untuk memfasilitasi alat pengawasan pelanggan untuk tindakan yang cepat.
  • Kemungkinan besar, dapat memberi tambahan data penyiaran yang besar (dalam Gigabit), yang dapat menopang lebih dari 60.000 sambungan.
  • Mudah dikelola walaupun dengan generasi sebelumnya.
  • Teknologi suara untuk menopang fasilitas heterogen (termasuk jaringan pribadi).
  • Mungkin untuk dapat menyediakan data yang seragam, tanpa gangguan, dan konektivitas yang baik serta konsisten di seluruh dunia.

Beberapa keuntungan lain untuk Masyarakat umum

  • Layanan parallel multiple, seperti Anda bisa mengetahui cuaca dan lokasi waktu berbicara bersama dengan orang lain.
  • Anda dapat mengontrol PC Anda lewat smartphone.
  • Dalam proses belajar mengajar bisa lebih mudah karena murid yang berada di belahan bumi lain dapat mengikuti pelajaran.
  • Proses pengobatan dapat menjadi lebih gampang dan juga hemat karena Dokter bisa mengobati pasien yang berada di tempat terpencil di dunia.
  • Proses monitoring akan lebih mudah karena organisasi-organisasi pemerintah bisa memonitor tiap-tiap bagian di dunia. Memungkinkan untuk dapat mengurangi tingkat kejahatan.
  • Dapat menjadi mungkin untuk kita memvisualisasikan alam semesta, galaksi dan planet.
  • Memungkinkan untuk dapat melacak dan menemukan orang yang hilang.
  • Dapat memungkinkan untuk mendeteksi bencana alam seperti tsunami, gempa bumi dan bencana alam lainnya dengan cepat.

Kekurangan Teknologi 5G

Ibarat dua mata pisau, teknologi pun tak hanya memiliki kelebihan namun juga kekurangan. Nah, teknologi 5G juga diantaranya. Meskipun teknologi ini diteliti dan juga di konsep untuk menyelesaikan segala masalah sinyal radio dan yang ada pada problem dunia mobile, namun dikarenakan beberapa alasan keamanan dan kurangnya kemajuan teknologi pada sebagian besar lokasi geografis, teknologi ini juga tidak terlepas dari yang namanya kekurangan. Di bawah ini merupakan contoh beberapa diantaranya.

  • Teknologi 5G ini masih dalam proses penelitian dan pengembangan
  • Kecepatan yang dijanjikan dari teknologi ini terasa sukar untuk dicapai (Kemungkinan di masa depan) dikarenakan masih kurangnya dukungan teknologi di sebagian besar belahan dunia.
  • Banyaknya perangkat lama yang nantinya tidak dapat dan tidak support dengan teknologi 5G, karena seluruh perangkat wajib untuk diganti dengan yang baru dan dengan harga yang mahal.
  • Memerlukan banyak biaya dan waktu untuk proses pengembangan infrastruktur.
  • Permasalahan tentang masalah privasi dan keamanan masih belum diselesaikan.

Apakah Teknologi 5G berbahaya ?

Meskipun teknologi 5G mampu meningkatkan kinerja untuk kehidupan kita sehari-hari, beberapa pengguna telah menyuarakan keprihatinan perihal potensi bahaya kesehatan yang akan ditimbulkan. Hal yang sangat mengkhawatirkan adalah penggunaan gelombang energi milimeter 5G yang dapat menimbulkan radiasi yang lebih tinggi.

Seperti yang kita tau, radiasi sinyal radio yang dipancarkan dapat memberikan dampak buruk terhadap tubuh kita seperti kanker. Pada tahun 2011 dari laporan World Health Organization (WHO) menyebut bahwa radiasi ponsel seharusnya didaftarkan sebagai salah satu sumber karsinogen berbahaya bagi manusia.

Ketika tahun 2018, Program Toksikologi Nasional merilis penelitian selama 10 tahun yang menemukan beberapa bukti bahwa ada peningkatan tumor otak dan kelenjar adrenalin pada tikus jantan yang terpapar radiasi RF yang dipancarkan oleh ponsel 2G dan 3G, tetapi tidak terjadi pada tikus betina.

Akan tetapi, tudingan bahwa radiasi ponsel dapat menyebabkan kanker mungkin berlebihan. Dikarenakan masih banyak hal-hal lain yang ada disekitar kita juga memiliki bahaya karsinogen. Pada beberapa waktu yang lalu, Chairman FCC Ajit Pai menyebutkan bahwa ponsel yang ada saat ini termasuk 5G, aman dan sangat siap untuk digunakan.

Begitu penjelasan singkat mengenai teknologi 5G ini. Setiap kemajuan teknologi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan serta dampaknya masing-masing. Sebagai pengguna ada baiknya kita untuk tetap terus mengikuti kemajuan teknologi namun tetap memperhatikan masalah dampak yang bisa terjadi dari teknologi tersebut.

Postingan Terakhir

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

yohanes

Pengertian Hidrologi Menurut Para Ahli

yohanes

Apa itu Mikroskop Binokuler

yohanes

Leave a Comment