Pengetahuan

Bahaya Micin Atau MSG Untuk Tubuh Kita

bahaya micin

Bahaya Micin Atau MSG Untuk Tubuh Kita – Berdasarkan penelitian, penguat rasa makanan yang lazim disebut MSG (Monosodium Glutamate) atau sering kita sebut juga dengan micin, dapat merusak nafsu makan seseorang dengan cara merusak jaringan otak yang bertugas untuk mengendalikan nafsu makan. Rasa penguat yang ditimbulkan dapat menyebabkan seseorang ketagihan luar biasa pada makanan yang mengandung MSG ini.

Pada masa sekarang ini, mayoritas makanan cepat saji banyak menggunakan MSG. Selain dapat menjadi penguat rasa pada makanan, MSG juga dapat membantu mengawetkan makanan.

MSG juga merupakan penguat rasa yang paling banyak digunakan di dunia. Saat ini banyak digunakan pada makanan komersial. Jadi pastikan selalu berhati-hati dalam memilih makanan. Terutama apabila Anda memiliki anak kecil, alangkah berbahayanya jika anak kecil sampai mengkonsumsi MSG. Pilihlah makanan sehat yang aman untuk dikonsumsi setiap hari dan yang pastinya bebas dari MSG serta bebas bahan pengawet.

Berikut ini bahaya MSG bagi tubuh kita, antara lain adalah :

1. MSG Dapat Menyebabkan Kegemukan

MSG dapat membuat Anda ketagihan yang berlebihan atau ketagihan terus-menerus terhadap makanan yang mengandung MSG. Sebuah penelitian yang dilakukan di China yang melibatkan 752 orang sehat usia 40 sampai 59 yang diambil dari sebuah desa di China.

Sebagian diminta untuk memakan makanan komersial yang mengandung MSG dan sebagian lagi di minta untuk makan makanan yang sehat tanpa MSG. Mereka beraktivitas seperti biasa dan hasilnya orang yang makan makanan yang mengandung MSG memiliki indeks berat badan yang lebih tinggi dibanding dengan orang yang memakan makanan tanpa MSG.

2. MSG Dapat Menyebabkan Kerusakan Otak

Pada dasarnya MSG merupakan penguat rasa pada makanan yang dapat merangsang kinerja otak untuk merespon nafsu makan. Apabila terus-menerus mengkonsumsi MSG, dapat dibayangkan bahwa otak Anda akan terpacu secara berlebihan terutama bagian otak yang bertugas mengendalikan nafsu makanan.

3. MSG Dapat Memicu Peradangan Hati

Mengkonsumsi MSG secara berlebihan dapat menyebabkan kerja hati menjadi tidak normal yang dapat memicu terjadinya peradangan pada hati.

4. MSG Dapat Memperlambat Perkembangan Kecerdasan Anak

Kandungan MSG dapat mengganggu kinerja otak. Dalam jangka waktu tertentu dapat memperlambat perkembangan kecerdasan otak anak Anda. Jadi sayangilah anak Anda dengan memilih makanan yang sehat.

Tetaplah berhati-hatilah dalam memilih makanan. Pastikan Anda benar-benar mengetahui informasi fakta yang sesungguhnya dari makanan yang akan Anda beli. Cara pembuatannya, pengolahannya ataupun penyajiannya seperti apa agar kehigienisannya tetap terjaga.

Postingan Terakhir

Ternyata Permen Karet Bermanfaat Untuk Otak

yohanes

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan

yohanes

Sistem Air Bersih Ibu Kota Baru

yohanes

Leave a Comment