Pengetahuan

Bahaya Alkohol Bagi Tubuh

Bahaya Alkohol Bagi Tubuh

Bahaya Alkohol Bagi Tubuh – Alkohol merupakan bahan utama yang digunakan dalam pembuatan minuman keras. Biasanya kadarnya berbeda – beda antara satu merk dengan merk lainnya. Minuman keras yang mengandung alkohol diantaranya adalah bir, whisky, brendi dan juga anggur.

Pada dasarnya alkohol tidak memiliki warna atau bening, mudah menguap, bersifat memabukkan, mudah bergerak, sifatnya panas, aromanya khas dan mudah terbakar. Api yang dihasilkan dari pembakaran alkohol memiliki warna biru dan tidak berasap.

Orang yang kecanduan minuman beralkohol disebabkan karena sifatnya yang memabukan sehingga dapat melupakan banyak hal, padahal sebenarnya khasiat minuman beralkohol yang sesungguhnya adalah untuk menghangatkan badan. Minuman beralkohol lazim dikonsumsi pada negara dengan musim dingin yang bersalju, namun kebanyakan orang menyalahgunakan khasiat minuman beralkohol ini.

Mengkonsumsi minuman beralkohol secara rutin akan menimbulkan efek negatif bagi orang tersebut baik fisik maupun mentalnya. Bahkan efek negatif ini tidak hanya dirasakan oleh pengonsumsinya saja, namun juga dirasakan orang di sekitarnya. Hal ini karena orang yang sedang mabuk minuman beralkohol biasanya akan cenderung bersifat yang tidak mengenakan ke lingkungan sekitarnya.

Hal ini akan lebih berbahaya lagi bila seorang supir mengkonsumsi minuman beralkohol ketika sedang menyetir. Apalagi bila kendaraan yang dibawa adalah kendaraan besar atau sarat penumpang. Oleh karena itu biasanya sebelum seorang supir mengemudikan kendaraannya akan dilakukan tes untuk menguji apakah supir tersebut sedang dalam pengaruh minuman beralkohol atau tidak.

Pengujian tersebut dapat dilakukan dengan menguji air seni supir tersebut atau dapat dilakukan dengan menguji kandungan alkohol dalam nafas orang tersebut menggunakan bantuan alat Alkohol Tester. Alat tersebut akan menguji kandungan alkohol dalam nafas seseorang.

Seorang yang kecanduan minuman beralkohol maka efek yang ditimbulkan minuman beralkohol tersebut akan merusak organ bagian dalam orang tersebut. Selain itu kadar alkohol di dalam tubuh juga akan bertahan dalam waktu yang lama. Alkohol yang tertimbun di dalam tubuh lama kelamaan akan merusak organ tubuh sebagai berikut :

  • PANKREAS : Pada organ pankreas akan terjadi peradangan atau pancreatitis, kadar gula darah rendah dan kanker yang disebabkan karena alkohol yang tertimbun di dalam tubuh
  • JANTUNG : Pada jantung akan membuat denyutnya tidak normal (Aritmia) hingga gagal jantung
  • PEMBULUH DARAH : Aterosklorosis, stroke dan tekanan darah tinggi
  • SARAF : Menurunnya kemampuan berjalan seseorang, saraf pada tungkai akan mulai rusak dan lengan yang mengontrol pergerakan juga akan terkena
  • OTAK : Kurang koordinasi, kebingungan, psikosa dan ingatan jangka pendek yang semakin buruk

Apabila organ – organ tubuh tersebut sudah terkena dampaknya maka berbagai penyakit berbahaya akan mulai menyerang pecandu minuman beralkohol tersebut, berikut adalah bahaya alkohol bagi tubuh bagi para pecandu minuman beralkohol :

1. TEKANAN DARAH TINGGI

Alkohol bisa mengganggu sistem dari saraf simpatik yang berfungsi untuk mengatur konstruksi juga dilatasi (Pengecilan dan pelebaran) pembuluh darah, hal ini merupakan kondisi alami tubuh ketika mengalami stress, penggunaan tenaga dan perubahan suhu.

2. KERUSAKAN SARAF

Alkohol juga bersifat racun pada sel saraf yang akan merusak saraf atau disebut dengan Neuropati alkoholik. Rasa nyeri layaknya ditusuk – tusuk ke alat gerak biasanya akan dirasakan pecandu alkohol yang sarafnya sudah terkena. Selain itu disfungsi ereksi, kelemahan otot dan keinginan mendesak untuk segera buang air kecil juga akan dialami oleh pecandu minuman beralkohol.

3. GANGGUAN LIVER

Terlalu sering konsumsi minuman beralkohol juga bisa mengakibatkan gangguan liver karena alkohol akan memicu liver supaya bekerja dengan lebih keras ketika menyaring minuman beralkohol tersebut. Oleh karenanya, liver pun akan membengkak, banyak mengandung air.

Postingan Terakhir

Wajib Diketahui Inilah 10 Penyebab Beton Cor Retak

yohanes

Perbedaan Antara Air Laut dan Air Pegunungan

yohanes

Kekurangan dan Kelebihan Kayu Meranti

yohanes

Leave a Comment