Teknologi

Apa Itu Bluetooth, Fungsi Dan Cara Kerjanya

Apa Itu Bluetooth

Apa Itu Bluetooth, Fungsi Dan Cara Kerjanya – Bluetooth merupakan suatu peralatan media komunikasi yang dapat digunakan untuk menghubungkan sebuah perangkat komunikasi dengan perangkat komunikasi lainnya. Perangkat ini pada umumnya digunakan di handphone, komputer atau pc, tablet, dan lainnya.

Bluetooth mempunyai fungsi untuk mempermudah berbagi file, audio, menggantikan penggunaan kabel dan lain-lain. Pada saat ini sudah banyak sekali perangkat yang menggunakan perangkat bluetooth ini.

Penjelasan lainnya tentang bluetooth atau definisi lainnya dari bluetooth yaitu sebuah teknologi komunikasi wireless atau tanpa kabel yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz (antara 2.402 GHz hingga 2.480 GHz) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang dapat menyediakan layanan komunikasi data dan juga suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas.

Pada dasarnya teknologi bluetooth diciptakan bukan hanya untuk menggantikan atau menghilangkan penggunaan media kabel dalam melakukan pertukaran data atau informasi, namun juga dapat menawarkan fitur yang bagus atau baik untuk teknologi mobile wireless (tanpa kabel), dengan biaya yang relatif rendah, konsumsi daya rendah, interoperability yang sangat menjanjikan, mudah dalam pengoperasiannya dan juga dapat menyediakan berbagai macam layanan.

Cara Kerja Bluetooth

Sistem ini terdiri dari sebuah radio transceiver, baseband link Management dan Control, Baseband (processor core, SRAM, UART, PCM USB Interface), flash dan voice codec.

Baseband link controller menghubungkan perangkat keras radio (hardware) ke baseband processing dan juga layer protokol fisik.

Link manager melakukan aktivitas protokol dengan tingkat yang tinggi, yaitu seperti melakukan link setup, autentikasi dan juga konfigurasi.

Kelebihan Serta Kekurangan Bluetooth

Kelebihan :

  • Dapat menembus rintangan, seperti dinding, kotak, dan sebagainya. Walaupun jarak transmisinya hanya 10 meter.
  • Tidak memerlukan media kabel atau kawat.
  • Dapat mensinkronisasi data dari Handphone ke Komputer atau laptop.
  • Bisa dipakai sebagai perantara modem.
  • Praktis dan tidak ribet saat penggunaanya.

Kekurangan :

  • Memakai frekuensi yang sama dengan gelombang WiFi.
  • Jika terlalu banyak koneksi bluetooth dalam satu ruangan, akan sulit untuk menemukan penerima yang dituju.
  • Banyak beredar virus yang disebarkan melalui bluetooth, khususnya dari handphone.
  • Cukup banyak mekanisme keamanan yang harus diperhatikan untuk mencegah kegagalan pengiriman data atau penerimaan data atau informasi.
  • Kecepatan dalam transfer data tidak tetap, tergantung dari perangkat yang dipakai untuk mengirim dan menerima data.

Postingan Terakhir

Bahaya Radiasi Untuk Tubuh Manusia

yohanes

Leave a Comment