Lingkungan Pengetahuan

Air Yang Baik Untuk Dikonsumsi Oleh Tubuh

Air Yang Baik Untuk Dikonsumsi Oleh Tubuh

Air Yang Baik Untuk Dikonsumsi Oleh Tubuh – Tubuh manusia terdiri dari 80% air dan harus dipertahankan kadarnya agar tetap sehat optimal. Saat ini banyak sekali pilihan untuk air minum, misalnya air yang disuling, air yang dimurnikan dan air mineral. Dan manakah air yang baik dikonsumsi untuk tubuh kita?

Berikut adalah penjelasannya:

1. Air yang disuling

Jenis air ini telah dikumpulkan dan diuapkan, yang berarti residu padat yang terkandung di dalam air sudah dihilangkan termasuk mineralnya. Jadi dalam air suling ini tidak mengandung mineral apapun yang membuatnya asam. Air suling ini baik untuk penggunaan jangka pendek dan untuk detoksifikasi tubuh.

2. Air yang dimurnikan

Air ini merupakan air yang paling murni, hampir sama dengan air yang disuling. Air yang dimurnikan mengalami proses tambahan yaitu deionization dan reverse osmosis. Air yang dimurnikan sama seperti air yang disuling, hanya saja air yang dimurnikan mengalami prosedur tambahan.

3. Air mineral

Air mineral dapat berasal dari sumber yang sama, yaitu seperti air yang disuling maupun air yang dimurnikan. Namun, sesuai dengan namanya air ini mengandung beberapa mineral seperti magnesium dan kalsium. Air mineral menawarkan banyak manfaat kesehatan dan merupakan air yang baik dikonsumsi tubuh.

Syarat Air yang Baik Dikonsumsi Tubuh, yaitu:

  • Air harus jernih
  • Tidak berwarna
  • Tidak berbau
  • Rasanya alami
  • Tidak mengandung bakteri E.Colli dan Coliform
  • Bebas dari zat kimia beracun, logam berat, pestisida dan radioaktif

Air yang baik dikonsumsi tubuh menurut WHO (World Health Organization) bahwa air mineral dikonsumsi untuk melengkapi atau mencukupi kebutuhan mineral yang berasal dari makanan. Oleh karena itu, air minum yang baik untuk tubuh harus mengandung mineral sebagai berikut:

  1. Magnesium dan kalsium untuk mendukung kesehatan jantung dan pembuluh darah.
  2. Air minum yang baik dikonsumsi untuk tubuh harus mengandung Fluoride untuk mencegah karies dan menjaga kesehatan gigi.
  3. Silika untuk mendukung kesehatan kulit dan menjaga integritas tulang.
  4. Kalium untuk mendukung proses transmisi saraf dan kontraksi otot.
  5. Kandungan natrium juga diperlukan untuk mendukung keseimbangan cairan.
  6. Air minum yang baik bagi tubuh juga mengandung zinc yang berperan sebagai rasio protein (coactivator) dalam 300 lebih reaksi enzim dalam tubuh.

Selain itu pula, Kita bisa menggunakan alat pengukur kualitas air atau disebut juga dengan water test kit yang bisa digunakan untuk mengukur kualitas air yang akan kita minum.

Postingan Terakhir

Cara Agar Dak Beton Tidak Mudah Retak

yohanes

Bahaya Radiasi Untuk Tubuh Manusia

yohanes

Tanaman Untuk Memperbaiki Kualitas Air

yohanes

Leave a Comment